androidvodic.com

Menlu China Qin Gang Dicopot dari Jabatan setelah Sebulan Hilang dari Sorotan Publik - News

News - Pemerintah China telah mencopot Qin Gang dari jabatan menteri luar negeri pada Selasa (25/7/2023).

Qin Gang digantikan oleh Menteri Luar Negeri sebelumnya, Wang Yi.

"Badan legislatif tinggi China memilih untuk menunjuk Wang Yi sebagai menteri luar negeri karena mengadakan sesi pada hari Selasa," lapor kantor berita Xinhua.

"Qin Gang dicopot dari jabatan menteri luar negeri," lanjutnya.

Pengumuman itu datang sebulan setelah penampilan publik terakhir Qin Gang.

Selama berita malam nasional, media pemerintah China tidak memberikan alasan untuk pemecatan Qin Gang.

Baca juga: Menlu China Qin Gang Dipastikan Absen di AMM Jakarta Karena Alasan Kesehatan, Ini Penggantinya

Pencopotan Qin Gang disetujui pada pertemuan Komite Tetap legislatif stempel karet China, Kongres Rakyat Nasional, yang biasanya berkumpul pada akhir bulan.

Menlu China Qin Gang Hilang dari Sorotan Publik

Qin Gang sebelumnya dikabarkan menghilang dari sorotan publik selama satu bulan terakhir.

Ia terakhir terlihat di depan umum pada 25 Juni 2023 saat mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekan Rusia, Vietnam, dan Sri Lanka.

Penampilan terakhir Qin Gang di media pemerintah adalah pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Andrey Rudenko.

Andrey Rudenko mengunjungi Beijing kurang dari 48 jam setelah pemberontakan gagal kelompok tentara bayaran Wagner melawan petinggi militer Moskow.

(FILES) Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) dan Menteri Luar Negeri China Qin Gang berjabat tangan menjelang pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing pada 18 Juni 2023. Menteri Luar Negeri China Qin Gang tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan sejak 25 Juni 2023, memicu banyak pertanyaan tentang keberadaannya.
(FILES) Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) dan Menteri Luar Negeri China Qin Gang berjabat tangan menjelang pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing pada 18 Juni 2023. Menteri Luar Negeri China Qin Gang tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan sejak 25 Juni 2023, memicu banyak pertanyaan tentang keberadaannya. (LEAH MILLIS / POOL / AFP)

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan Menlu China Qin Gang

China kemudian membatalkan pembicaraan antara Qin Gang dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pada 4 Juli 2023 tanpa penjelasan.

Qin Gang kemudian melewatkan pertemuan tingkat tinggi dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen, dan utusan iklim AS, John Kerry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat