androidvodic.com

Warga Jepang Mengheningkan Cipta Mengenang Korban Bom Atom di Hiroshima - News

News, TOKYO - Masyarakat Jepang mengheningkan cipta untuk mengenang para korban bom atom Hiroshima yang dilakukan tentara Amerika Serikat  yang merenggut puluhan ribu nyawa 78 tahun silam.

Upacara peringatan berlangsung di Taman Monumen Perdamaian Hiroshima di pusat kota.

Dilaporkan Tass, Minggu (6/8/2023), tradisi mengheningkan cipta diumumkan di seluruh negeri tepat pukul 08:15 waktu setempat tepat saat bom atom meledak di atas Hiroshima pada 6 Agustus 1945.

Upacara tersebut dihadiri oleh walikota kota Hiroshima Kazumi Matsui dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Angkatan Bersenjata AS melakukan pengeboman atom pertama dalam sejarah, menghantam kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang menjelang akhir Perang Dunia II.

Baca juga: Kisahkan Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki, Film Oppenheimer Belum Memiliki Jadwal Tayang di Jepang

Serangan-serangan ini adalah satu-satunya contoh senjata nuklir yang pernah digunakan dalam konflik militer dalam sejarah umat manusia.

Menurut berbagai perkiraan, ledakan bom atom yang dijatuhkan di atas Hiroshima, dalam satu hari menewaskan antara 70.000 hingga 100.000 orang.

Pada akhir tahun 1945, jumlah korban meningkat menjadi 140.000 karena mereka yang meninggal di rumah sakit akibat luka dan radiasi.

Setiap tahun daftar ini bertambah ketika seorang yang selamat meninggal.

Hampir 5.000 nama baru telah ditambahkan ke daftar ini selama setahun terakhir.

Selain itu, nama-nama orang yang tewas dalam ledakan itu, namun hingga saat ini belum dapat dipastikan kematiannya, ditambahkan dalam daftar tersebut. Saat ini, jumlah total korban melebihi 350.000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat