androidvodic.com

Rusia Melaju dengan Serangan Intensif, Ukraina Minta Warga Sipil Kupiansk Mengungsi - News

Rusia Melaju, Ukraina Desak Warga Sipil Kupiansk Mengungsi

News - Ukraina mendesak warga sipil di wilayah timur laut negara tersebut untuk mengungsi, Kamis (10/8/2023).

Desakan itu merujuk pada serangan tentara Rusia yang terus meningkatkan guna merebut wilayah yang pernah mereka duduki selama konflik.

Wilayah yang dimaksud tersebut adalah Kupiansk dan daerah sekitarnya di wilayah Kharkiv Ukraina yang menjadi garis depan pertempuran

Wilayah ini dibebaskan oleh pasukan Kyiv September lalu, tetapi Moskow sejak itu kembali mendorong serangan intens ke wilayah tersebut.

Baca juga: Strom-Z, Unit Tempur Tentara Rusia Berisi Narapidana Bikin Gentar Jenderal Ukraina

"Mengingat situasi keamanan yang sulit dan meningkatnya jumlah penembakan oleh pasukan teroris Rusia di komunitas Kupiansk, Anda memiliki kesempatan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata perwakilan pemerintah kota

Disebutkan ada sebanyak 37 permukiman yang terjepit di antara kota dan garis serang tentara Rusia.

Militer Ukraina menyarankan penduduk mengungsi ke Kharkiv, sekitar 56 mil (90 kilometer) barat, di mana mereka akan memiliki pilihan untuk pindah ke daerah yang lebih aman.

Militer Ukraina mendesak anak-anak, orang tua dan orang sakit untuk pergi.

"Jangan abaikan keselamatan Anda dan keselamatan orang yang Anda cintai," katanya.

Peringatan itu muncul saat Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan tentaranya telah "memperbaiki posisi mereka" di sepanjang garis depan dekat kota.

Militer Rusia juga melaporkan kemajuan pergerakan pasukan awal pekan ini.

"Dalam operasi ofensif di dekat Kupiansk, tim penyerang dari kelompok tempur Barat meningkatkan posisi mereka di sepanjang tepi depan garis depan," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Seorang tentara Rusia berpatroli di daerah pemukiman yang hancur di Severodonetsk, Ukraina, pada 12 Juli 2022. Pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina telah merekam seruan video yang menuduh seorang gubernur daerah mencuri gaji mereka.
Seorang tentara Rusia berpatroli di daerah pemukiman yang hancur di Severodonetsk, Ukraina, pada 12 Juli 2022. Pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina telah merekam seruan video yang menuduh seorang gubernur daerah mencuri gaji mereka. (OLGA MALTSEVA/AFP/GETTY IMAGES)

Situasi Kian Berbahaya

Dalam pergerakannya, pasukan Rusia dilaporkan memborbardir daerah sasarannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat