androidvodic.com

Komentar Rusia usai Ukraina Dapat Jet Tempur F-16, Sebut Bantuan Denmark-Belanda Tingkatkan Konflik - News

News - Rusia memberi tanggapan terkait keputusan Denmark dan Belanda yang akan menyumbangkan jet tempur F-16 pertama ke Ukraina.

Rusia menyebut keputusan Denmark dan Belanda itu hanya akan meningkatkan konflik.

Sementara itu, bagi Ukraina jet tempur F-16 itu akan membantu mengakhiri invasi Rusia.

"Fakta bahwa Denmark sekarang telah memutuskan untuk menyumbangkan 19 pesawat F-16 ke Ukraina mengarah pada eskalasi konflik," ujar duta besar Rusia, Vladimir Barbin, dalam sebuah pernyataan, Senin (21/8/2023), dikutip dari Reuters.

"Dengan bersembunyi di balik premis bahwa Ukraina sendiri harus menentukan kondisi perdamaian, Denmark berusaha dengan tindakan dan kata-katanya untuk meninggalkan Ukraina tanpa pilihan lain selain melanjutkan konfrontasi militer dengan Rusia," jelasnya.

Baca juga: Rusia Anggap Negara yang Menyerang Belarusia Sebagai Musuh Bersama

Ukraina Sambut Baik Bantuan Jet Tempur F-16

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut baik keputusan 'bersejarah' Belanda dan Denmark yang akan menyediakan jet tempur F-16 buatan AS bagi negaranya untuk melawan invasi Rusia.

Zelensky diketahui mencari pesawat tempur canggih selama berbulan-bulan untuk memperkuat angkatan udara era Soviet Ukraina untuk melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia di timur.

Amerika Serikat (AS) mengumumkan persetujuan transfer F-16 pada Jumat (18/8/2023).

Nantinya, pelatihan pilot Ukraina akan dimulai pada Agustus 2023 ini, yang memungkinkan Ukraina untuk mulai mengerahkan jet pada awal 2024.

"Keputusan itu benar-benar bersejarah, kuat, dan menginspirasi kami," kata Zelensky bersama Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, saat berkunjung ke pangkalan udara Eindhoven di Belanda, Minggu (20/8/2023), dilansir Al Jazeera.

Baca juga: Denmark Beri Syarat Bantuan Jet Tempur F-16 ke Ukraina, Akan Dikirim Sebelum Akhir Tahun

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) berswafoto dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan) saat berkunjung ke Pangkalan Udara Militer Eindhoven di Eindhoven.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) berswafoto dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan) saat berkunjung ke Pangkalan Udara Militer Eindhoven di Eindhoven. (Volodymyr ZELENSKY / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINA / AFP)

Angkatan udara Belanda kini memiliki sebanyak 42 jet tempur F-16.

Rutte mengatakan, jumlah yang diberikan kepada Kyiv akan diselesaikan setelah pembicaraan dengan sekutu.

“Kami juga tahu bahwa Anda membutuhkan lebih banyak dan itulah mengapa hari ini kami mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan 19 jet tempur F-16 ke Ukraina,” ungkap Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, Minggu.

Enam jet akan dikirimkan pada akhir tahun ini, delapan pada tahun depan, dan lima pada 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat