androidvodic.com

Rusia Anggap Negara yang Menyerang Belarusia Sebagai Musuh Bersama - News

News -- Rusia bakalan melindungi sekutu utamanya, Belarusia dari serangan negara-negara yang memusuhi mereka.

Sebagai negara pendukung penuh kebijakan Rusia menginvasi Ukraina, Belarusia banyak dimusuhi oleh negara-negara tetangganya terutama anggota NATO.

Bahkan Polandia menjadi negara yang sangat reaktif dan telah menyiapkan militernya di perbatasan dengan Belarusia.

Baca juga: Serangan Rusia di Chernihiv Tewaskan 7 Orang dan 144 Terluka, Zelensky Bersumpah untuk Balas Dendam

Utusan Moskow untuk Belarusia, Boris Gryzlov menegaskan bahwa musuh-musuh Belarusia adalah musuh bersama, karenanya Rusia siap menyerang negara tersebut.

Rusia menganggap setiap serangan terhadap Belarusia sebagai agresi terhadap Rusia dan siap menggunakan militer untuk membalasnya," kata kata gryzlov.

Berbicara kepada penyiar STV Belarusia, diplomat yang sebelumnya menjabat sebagai menteri dalam negeri Rusia itu memperingatkan pihak ketiga mana pun agar tidak menyerang sekutu utama negara itu.

“Presiden Rusia Vladimir Putin dengan jelas mengatakan bahwa jika terjadi serangan terhadap Belarusia, kami akan memperlakukan ini sebagai serangan terhadap Rusia. Doktrin militer Federasi Rusia memerlukan, dalam kasus seperti itu, tanggapan dengan semua persenjataan kami,” ujar Gryzlov.

Rusia dan Belarus telah meningkatkan kerja sama militer mereka di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev. Awal tahun ini, Rusia mengumumkan pengerahan senjata nuklirnya di Belarusia, menyusul permintaan berulang kali dari Minsk untuk melakukannya.

Kepemimpinan Belarusia mengutip kebijakan Barat yang agresif terhadap negara itu dan anggapan ancaman yang ditimbulkan oleh senjata nuklir AS, yang diselenggarakan oleh sekutu Eropa di Washington.

Baca juga: Pasukan Rusia Berhasil Jatuhkan Dua Drone Ukraina di Wilayah Rostov

Akhir-akhir ini, Belarus mengalami ketegangan dengan tetangga negara anggota UE terbesarnya, Polandia. Kedua negara telah melihat hubungan mereka secara bertahap memburuk setelah pemilihan presiden 2020 di Belarusia, yang memicu protes massal di negara itu sementara hasilnya diperebutkan oleh oposisi.

Warsawa, serta UE secara keseluruhan, secara terbuka mendukung oposisi dalam upayanya yang akhirnya gagal untuk menggulingkan Presiden Aleksandr Lukashenko.

Konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina tampaknya telah semakin merusak hubungan yang tegang. Polandia dengan marah bereaksi terhadap pengerahan nuklir Rusia dan berulang kali membunyikan alarm atas dugaan aktivitas Wagner Group, sebuah perusahaan militer swasta Rusia yang akhirnya dikerahkan kembali ke Belarus setelah pemberontakannya yang gagal pada akhir Juni.

Warsawa mengklaim PMC semakin aktif di dekat perbatasannya, dengan PM Mateusz Morawiecki mengklaim mereka "tidak diragukan lagi merupakan langkah menuju serangan hibrida yang akan datang di wilayah Polandia." Belarus, bagaimanapun, membantah tuduhan tersebut, bersikeras bahwa Warsawa sendiri "memperburuk" situasi atas nama AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat