androidvodic.com

Apa Itu BRICS? Kelompok 5 Negara Ingin Saingi Perekonomian AS, Pertimbangkan Buat Mata Uang Baru - News

TRIBIBUNNEWS.COM - Sekelompok pemimpin dunia bertemu di KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan minggu ini.

BRICS adalah sebuah kelompok yang terdiri dari lima negara yang ingin menerapkan sistem ekonomi dan perdagangan dunia mereka sendiri.

BRICS bahkan telah membahas pembuatan mata uang baru.

Mengutip CBS News, berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar BRICS.

Apa Itu BRICS?

BRICS, yang semula adalah BRIC, merupakan akronim dari negara Brasil, Russia, India, China dan Afrika Selatan (South Africa).

Baca juga: Resmi Digelar Hari ini, BRICS Beri Isyarat untuk Tambah Anggota Baru

Akronim BRIC dibuat oleh seorang analis ekonomi Jim O'Neill pada tahun 2001.

Dalam papernya, Jim O'Neill menulis bahwa empat negara BRIC nantinya akan memiliki pertumbuhan PDB yang akan melebihi negara-negara G7.

Negara-negara G7, yakni Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris, adalah kelompok negara dengan perekonomian maju di dunia.

O'Neill menemukan bahwa pada akhir tahun 2000, Brasil, Rusia, India dan China menyumbang sekitar 23,3 persen dari PDB dunia.

Ia memperkirakan PDB negara-negara BRIC akan meningkat dan mengatakan negara-negara G7 harus mempertimbangkan untuk menambahkan perwakilan BRIC ke dalam kelompok tersebut.

Keempat negara membentuk kelompok informal pada tahun 2006 sebagai sekutu yang berkontribusi terhadap perekonomian dunia.

Pada tahun 2011, Afrika Selatan bergabung dengan grup tersebut, sehingga akronimnya menjadi BRICS.

Pada tahun 2023, BRICS melampaui kontribusi PDB global negara-negara G7, menurut kelompok tersebut, yang mengatakan BRICS menyumbang hampir 1/3 dari aktivitas ekonomi dunia.

Para pemimpin dari negara-negara BRICS bertemu setiap tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat