androidvodic.com

Korut akan Uji Coba Peluncuran Rudal 24 Agustus, Penjaga Pantai Jepang Keluarkan Peringatan Navigasi - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Korea Utara menyatakan akan meluncurkan rudal pada tanggal 24-31 Agustus 2023.

Rudal itu diperkirakan akan jatuh sampai Filipina.

"Pihak Korea Utara hari ini memberi tahu Penjaga Pantai Jepang bahwa mereka akan meluncurkan rudal antara tanggal 24 dan 31 Agustus mendatang," papar sumber News, Selasa (22/8/2023).

Rudal itu diperkirakan akan jatuh di Laut Kuning dan Samudera Pasifik, yang berada di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang (ZEE).

Menurut Penjaga Pantai Jepang, pagi ini Kantor Hidrografi yang bertanggung jawab atas keselamatan kapal Korea Utara, mengirim email ke Departemen Informasi Kelautan Penjaga Pantai Jepang bahwa mulai pukul 00.00 pagi di tanggal 24 Agustus hingga 00.00 tanggal 31 Agustus kemungkinan akan ada peluncuran rudal tersebut.

Baca juga: Roket Jatuh ke Laut, Korut Janji Luncurkan Banyak Satelit Pengintai

Diperkirakan rudal akan jatuh berada di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang:

  • Dua tempat di Laut Kuning di barat daya Korea Utara, bahkan sampai ke Okinawa
  • Satu tempat di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina, masuk wilayah Filipina

Penjaga Pantai Jepang telah mengeluarkan peringatan navigasi untuk daerah ini dan meminta kapal untuk berhati-hati terhadap benda yang jatuh.

Menurut Japan Coast Guard, pedoman yang ditetapkan oleh IMO (Organisasi Maritim Internasional) memberlakukan kewajiban untuk memberi tahu negara anggota terlebih dahulu ketika melakukan latihan militer yang berdampak pada keselamatan navigasi.

Di perairan Asia Timur dan Pasifik Barat, Jepang adalah negara koordinator, dan Penjaga Pantai Jepang diberi tahu dan mengeluarkan peringatan navigasi ke kapal.

Korea Utara melapor ke Penjaga Pantai Jepang menargetkan tiga wilayah laut yang sama seperti di bulan Mei lalu, dan diluncurkan dua hari kemudian pada tanggal 31 Mei, tetapi kehilangan daya dorong dalam perjalanannya.

Diyakini telah jatuh di tengah laut.

Korea Utara telah memberikan pemberitahuan sebelumnya tentang peluncuran satelit lima kali sejauh ini, dan dalam setiap kasus telah meluncurkan rudal balistik de facto atau sesuatu yang menggunakan teknologi rudal balistik dari hari pertama hingga hari ketiga periode pemberitahuan yang ada.

Baca juga: Jepang dan AS Sepakat Kembangkan Pencegat Rudal Hipersonik Bikinan China dan Rusia

  • Pada bulan April 2009 dan April 2012, pada hari kedua periode pemberitahuan
  • Desember 2012 adalah hari ketiga
  • Februari 2016 dan sebelumnya, Mei tahun ini diluncurkan pada hari pertama setelah pemberitahuan.

Dalam kasus roket umum, jika diperkirakan cuaca buruk seperti angin kencang, hujan lebat, dan guntur, peluncuran mungkin akan terpengaruh secara negatif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat