androidvodic.com

Jokowi Apresiasi Dukungan Papua Nugini terhadap Kedaulatan dan Integritas Teritotial RI - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi dukungan Papua Nugini terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Indonesia.

"Saya mengapresiasi sikap Papua Nugini terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah indonesia, termasuk dukungan yang ditunjukkan pada KTT MSG bulan lalu," kata Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Momen Prabowo, Erick Thohir & Sri Mulyani Kompak Nyanyi Lagu Malam Minggu Benyamin di KTT ASEAN

Adapun dalam KTT MSG tersebut, Papua Nugini dan negara-negara Melanesia mengakui kedaulatan Indonesia atas Papua.

Jokowi juga mengaku senang karena aktivitas ekonomi di kedua negara meningkat pesat setelah dibukanya perbatasan Skouw-Wutung dan penerbangan langsung Denpasar-Port Moresby.

Di kesempatan yang sama, Marape juga mengapresiasi sikap Jokowi yang menyempatkan bertemu dirinya di tengah kesibukan Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Baca juga: Kemenparekraf Kaji Dampak KTT ASEAN Terhadap Pariwisata Indonesia

"Sangat bangga, tetangga terdekat kami, saudara-saudara di Indonesia memegang kepemimpinan. Kesuksesan Anda adalah kesuksesan kami," ujar Marape. 

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi  serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat