androidvodic.com

Gempa Maroko Hancurkan Masjid Bersejarah Koutoubia hingga Kota Tua Marrakesh - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, RABAT – Gempa bumi bermagnitudo 6,8 yang mengguncang Maroko telah meluluhlantakkan sebagian bagunan situs bersejarah terpenting yang masuk dalam daftar warisan UNESCO, yaitu Masjid Koutoubia.

Dari cuplikan video amatir yang beredar di sosial media, terlihat beberapa bagian tembok merah di sekeliling masjid yang menjadi salah satu landmark terkenal di Kota Marrakesh ini mengalami kerusakan parah, meski begitu kondisi menara Koutoubia setinggi 77 meter masih berdiri tegak.

"Masjid Koutoubia yang bersejarah di Marrakesh, Maroko, tidak runtuh meskipun bangunan di dekatnya runtuh setelah gempa bumi di Maroko," ujar postingan akun media lokal di platform X, Globe Eye News.

Baca juga: Hotel Pestana CR7 Marrakech Milik Cristiano Ronaldo Jadi Tempat Penampungan Korban Gempa di Maroko

Dibangun tahun 114 silam, kemegahan dan kemewahan masjid Koutoubia menjadikan tempat ibadah ini sebagai landmark wisata religi ikonik tertua di dunia. Tak hanya masjid Koutoubia, gempa berkekuatan magnitudo 6,8 itu juga merusak bangunan bersejarah Yahudi, yakni kota tua Marrakesh, pusat wisata Maroko.

Marrakesh sendiri masuk dalam daftar Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO).

Dalam setahun tempat wisata ini diperkirakan dapat menarik perhatian puluhan ribuan turis mancanegara. Hingga tempat wisata edukasi Rohani ini, dapat menopang 7 persen perekonomian Maroko.

Namun imbas kerusakan ini, Maroko kini kehilangan pundi - pundi pendapatan dari sektor wisata. Bank Dunia memproyeksikan bahwa kerugian yang diderita Maroko mencapai 10,7 miliar dolar AS hingga membuat produk domestik bruto (PDB) negara anjlok 0,2 persen , sebagaimana dikutip dari The National News.

“Kerusakan besar mungkin terjadi dan bencana kemungkinan besar akan meluas. Perkiraan kerugian ekonomi adalah 0,2 persen PDB. Peristiwa masa lalu dengan tingkat kewaspadaan seperti ini memerlukan respons tingkat nasional dan internasional,” tulis badan yang berbasis di Virginia tersebut.

Kondisi ini memperparah perekonomian Maroko yang telah lebih dulu berkontraksi akibat PDB yang anjlok sekitar 1,2 persen sementara inflasi melesat naik lebih dari 78,5 persen.

Baca juga: Fasilitas Hotel Pestana CR7 Marrakesh Milik Ronaldo, Jadi Tempat Pengungsi Gempa Maroko

Untuk mencegah timbulnya kontraksi lebih lanjut, rencananya Dana Moneter Internasional atau the International Monetary Fund (IMF), Bank Dunia, Komisi Eropa, Prancis, India dan Uni Afrika akan mendukung perekonomian Maroko dengan cara terbaik.

“Untuk tujuan ini, kami akan mobilisasi peralatan dan bantuan teknis, dan keuangan kami secara terkoordinasi untuk membantu rakyat Maroko mengatasi tragedi mengerikan ini,” ujar juru bicara IMF.

Langkah serupa juga turut diambil Presiden Prancis Emmanuel Macron serta Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez yang mengungkap rencana untuk menggugurkan bantuan sebagai bentuk solidaritas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat