androidvodic.com

Badai Lee Menerjang Perbatasan AS-Kanada, Listrik di 54 Ribu Rumah Putus - News

News - Badai topan tropis Lee melanda Nova Scotia di Kanada bagian timur.

NBC News melaporkan, akibat badai tersebut, sekitar 54 ribu pelanggan atau rumah di Maine, AS saat ini tanpa aliran listrik.

Badai Lee mendarat di Long Island di Digby County, Nova Scotia sekitar pukul 4 sore waktu setempat pada hari Sabtu (16/9/2023).

Menurut National Hurricane Center, ketika itu kecepatan angin maksimum berada di angka 120 km/jam, tepat di bawah ambang batas 74 mph untuk badai Kategori 1.

Baca juga: Dugaan Cawe-Cawe Amerika Serikat Dalam Pemilu 2024 Disebut Dilakukan Lebih Halus

Ramalan cuaca AS mengatakan, badai bergerak melintasi Kanada bagian timur pada Sabtu malam dan banjir terjadi di sepanjang pantai Atlantik negara itu.

Badai tersebut bahkan membuat sebuah kapal yang digunakan untuk mengamati paus terlepas dari tambatannya dan jatuh ke dekat College of the Atlantic di Bar Harbor, Maine.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan, tetapi Departemen Perlindungan Lingkungan dan Maine serta Penjaga Pantai AS berencana menurunkan 1.800 galon bahan bakar diesel untuk mencegahnya memasuki perairan setempat.

Awalnya Lee diidentifikasi sebagai badai, Lee kemudian menjadi siklon pasca-tropis karena tidak lagi memiliki karakteristik yang dianggap tropis pada Sabtu (16/9/2023).

Menurut National Hurricane Center, Lee menghasilkan angin berkecepatan 65 mph pada Sabtu malam dan diperkirakan akan terus melemah.

Lee membawa hujan deras, angin kencang, dan banjir pesisir ke beberapa bagian New England dan Kanada, yang menyebabkan tumbangnya pohon dan pemadaman listrik.

bada lee 2
AR HARBOR, MAINE - 16 SEPTEMBER: Orang-orang berjalan di tengah hujan dan angin akibat Topan Tropis Lee pada 16 September 2023 di Bar Harbor, Maine. Sebelumnya merupakan badai, badai ini diturunkan peringkatnya, namun para peramal cuaca mengatakan badai itu akan tetap besar dan berbahaya. Joe Raedle/Getty Images/AFP

Sebuah "gelombang badai yang berbahaya" juga diperkirakan akan membawa banjir pesisir ke Atlantik Kanada dan akan disertai dengan "gelombang besar dan merusak" di dekat pantai.

Peringatan selancar tinggi berlaku di sebagian besar pantai Maine hingga Minggu pagi, dengan gelombang di dekat Portland diperkirakan mencapai 5 hingga 7 kaki.

Peringatan badai tropis berlaku di seluruh Nova Scotia, Pulau Prince Edward, Kepulauan Magdalen, dan di seluruh bagian utara New Brunswick.

Di Amerika Serikat, peringatan badai tropis berlaku di hamparan pantai Atlantik dari Portsmouth, New Hampshire, hingga ujung timur Maine.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat