androidvodic.com

PM Polandia Peringatkan Zelensky untuk Tak Hina Warganya, Singgung Soal Teater Politik - News

News - Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki memperingatkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Peringatan tersebut muncul setelah Zelensky menyinggung soal ekspor biji-bijian.

Mateusz Morawiecki memperingatkan Zelensky jangan pernah lagi mencoba untuk menghina warganya.

Warga Polandia, kata Morawiecki, tidak terima dengan Zelensky atas pernyataannya dalam Sidang Majelis Umum PBB dengan menyebut Polandia tengah "berteater politik".

Selain itu, Zelensky juga menyebut Polandia saat ini mengambil keuntungan dari polemik gandum.

"Saya ingin mengatakan kepada Presiden Zelensky untuk tidak lagi menghina Polandia, seperti yang dia lakukan baru-baru ini dalam pidatonya di PBB," katanya, dikutip dari CNN.

Baca juga: Polandia Berambisi Jadi Negara Militer Terkuat di Eropa, Senjata Bekas Dikirim ke Ukraina

"Rakyat Polandia tidak akan pernah membiarkan hal ini terjadi, dan membela nama baik Polandia bukan hanya tugas dan kehormatan saya, tetapi juga tugas terpenting pemerintah Polandia," tambahnya.

Ketegangan di antara mereka meningkat dalam beberapa pekan terakhir karena larangan terhadap biji-bijian Ukraina.

UE mengumumkan rencana untuk menangguhkan larangan tersebut pada pekan lalu, namun Polandia – bersama Hongaria dan Slovakia – menyatakan akan tetap menerapkannya.

Polandia segera mengecam komentar Zelensky di PBB dan kementerian luar negerinya memanggil duta besar Ukraina untuk menyampaikan "protes kerasnya".

Beberapa jam kemudian, perdana menteri Polandia mengatakan dalam pernyataan blak-blakan di media sosial bahwa negaranya "tidak akan lagi mentransfer senjata ke Ukraina karena kami sekarang mempersenjatai Polandia".

"Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina karena kami sekarang mempersenjatai Polandia dengan senjata yang lebih modern," kata Morawiecki pada hari Rabu, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Mengapa Polandia Sekarang Hentikan Bantuan Senjata untuk Ukraina?

Hentikan Pengiriman Senjata

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki 4436623
Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki berangkat setelah KTT UE, di markas besar UE di Brussels, pada 24 Maret 2023.

Seperti diketahui, Polandia telah menghentikan pengiriman senjatanya ke Ukraina.

Penghentian pengiriman senjata ke Ukraina ini muncul setelah Zelensky menuduh Polandia mempermainkan Rusia dengan larangan impor gandum Ukraina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat