androidvodic.com

Diadili dan Dipenjara Sebagai Orang Dewasa, Australia Akan Bayar 27 Juta Dolar ke Anak-anak WNI - News

News -- Pemerintah Australia telah setuju untuk membayar kompensasi sebesar lebih dari 27 juta dolar Australia kepada warga Indonesia yang ditahan atau dituntut secara salah sebagai penyelundup manusia dewasa ketika mereka masih anak-anak dengan menggunakan teknik rontgen pergelangan tangan yang sangat cacat.

Dikutip dari The Guardian, Negara Persemakmuran tersebut pada minggu ini setuju untuk menyelesaikan gugatan kelompok (class action) yang diajukan oleh warga Indonesia, beberapa diantaranya masih berusia 12 tahun ketika mereka dikurung di penjara dewasa dan diadili di pengadilan orang dewasa sebagai penyelundup manusia antara tahun 2010 dan 2012 selama iklim politik yang sangat menuntut di sekitar perbatasan.

Meskipun banyak warga Indonesia yang mengatakan kepada pihak berwenang bahwa mereka adalah anak-anak, polisi federal mengandalkan teknik rontgen pergelangan tangan untuk meyakinkan pengadilan bahwa mereka sebenarnya adalah orang dewasa, sehingga membuka jalan bagi penuntutan mereka sebagai penyelundup manusia dewasa.

Banyak anak-anak yang dibujuk untuk naik perahu dari desa-desa mereka yang miskin dengan tawaran pekerjaan bergaji tinggi, seringkali tanpa mengetahui tujuan mereka atau bahwa mereka akan mengangkut para pencari suaka.

Baca juga: Ikan Paus Tabrak Kapal di Australia, Nahkoda dan Seorang Kakek 61 Tahun Terlempar ke Laut

Kebijakan polisi federal menetapkan bahwa siapa pun yang tertangkap di kapal berusia di bawah 18 tahun harus dikembalikan ke rumahnya.

Investigasi yang dilakukan oleh Guardian Australia tahun lalu mengungkapkan bahwa polisi federal seharusnya mengetahui kekhawatiran mengenai keandalan teknik sinar-X, yang memperkirakan usia dengan membandingkan tulang mereka dengan tulang orang Amerika kelas menengah yang sehat. Meskipun polisi mengetahui kekhawatiran tentang keandalan teknik tersebut, mereka tetap mengandalkannya.

Warga negara Indonesia yang salah ditahan telah mengambil dua langkah menuju keadilan. Setengah lusin anak-anak tersebut telah dibatalkan hukuman pidananya di pengadilan Australia Barat, dan pengadilan menemukan “telah terjadi kegagalan keadilan yang substansial”.

Mereka dan banyak pihak lainnya juga telah mengajukan gugatan class action terhadap persemakmuran di pengadilan federal, yang diwakili oleh Ken Cush and Associates.

Kasus ini dimulai dengan 122 anggota gugatan kelompok, meskipun jumlah tersebut diperkirakan terus bertambah dalam dua tahun sejak persidangan dimulai.

Para pihak telah mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan masalah sebesar 27,5 juta dolar pada hari Rabu, ditambah biaya hukum, dan sekarang sedang mencari persetujuan penyelesaian tersebut oleh pengadilan federal.

Pengadilan akan memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk menolak penyelesaian tersebut sebelum sidang berikutnya pada bulan Desember.

Pengacara penggugat kemudian akan menghabiskan waktu 12 bulan ke depan untuk mencari warga negara Indonesia lainnya yang mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi.

Penggugat utama, Ali Yasmin, dibawa ke Pulau Christmas pada bulan Desember 2009 meskipun telah memberitahu pihak imigrasi bahwa ia berusia 14 tahun.

Ia diadili dan dipenjarakan sebagai orang dewasa di penjara dengan keamanan maksimum sebelum dibebaskan pada tahun 2012 dan dideportasi kembali ke Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat