androidvodic.com

Peringatan Keras Biden ke Iran soal Perang Hamas vs Israel, Sebut Teheran Harus Berhati-hati - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Iran agar tidak terlibat dalam perang Hamas dengan Israel.

Peringatan Joe Biden terhadap Iran ini dimaksudkan agar konflik regional tidak meluas.

Berbicara di hadapan pemimpin komunitas Yahudi di Washington pada Rabu (11/10/2023), Biden mengatakan penempatan kapal dan pesawat militernya di dekat Israel harus dilihat sebagai sinyal bagi Iran.

"Kami telah menegaskan kepada Iran: Berhati-hatilah," kata Biden, dikutip dari Reuters.

Menurut Biden, Iran kemungkinan besar mengetahui soal operasi militan Hamas melakukan serangan dadakan ke Israel.

Namun, laporan awal intelijen AS menunjukkan bahwa beberapa pimpinan Iran terkejut dengan pergerakan Hamas.

Baca juga: Korban Tewas Perang Israel Vs Palestina Bertambah Jadi 2.000 Jiwa Lebih, Hamas Bebaskan Sandera

WHO Sebut Rumah Sakit di Gaza Kekurangan Segalanya

Rumah sakit di Gaza saat ini tengah kerepotan dengan banyaknya korban jiwa akibat serangan Israel di wilayah tersebut.

Hal ini membuat rumah sakit di Gaza mengalami kekurangan segalanya, mulai dari perban hingga cairan infus, tempat tidur hingga obat-obatan penting.

"Ini hampir sama buruknya," kata Richard Brennan, direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dikutip dari The Guardian.

"Bukan hanya kerusakannya, kehancurannya. Itu adalah tekanan psikologis. Penembakan terus-menerus, hilangnya rekan kerja," lanjutnya.

Bahkan, lanjut Brennan, pada hari-hari biasa rumah sakit di Gaza kekurangan pasokan.

Baca juga: Eks-Analis CIA: 100 Persen Yakin Pejuang Hamas Pakai Senjata yang Dipasok AS dan Israel Sendiri

Arab Saudi dan Iran Bahas soal Perang Hamas-Israel

Bola api meletus akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada tanggal 9 Oktober 2023. Jumlah korban tewas akibat serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina Hamas di wilayahnya meningkat menjadi 900 orang di Israel, yang membalas dengan rentetan serangan yang melemahkan di Gaza, meningkatkan peningkatan korban tewas di sana menjadi 687.
Bola api meletus akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada tanggal 9 Oktober 2023. Jumlah korban tewas akibat serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina Hamas di wilayahnya meningkat menjadi 900 orang di Israel, yang membalas dengan rentetan serangan yang melemahkan di Gaza, meningkatkan peningkatan korban tewas di sana menjadi 687. (MAHMUD HAMS / AFP)

Untuk pertama kalinya, Arab Saudi dan Iran berbicara melalui sambungan telepon sejak pemulihan hubungan mereka pada bulan Maret.

Penguasa de facto Arab Saudi, Mohammad bin Salman dan Presiden Iran, Ebrahim Raisi melakukan sambungan telepon untuk membahas perang antara Hamas dengan Israel.

Pejabat Saudi Press Agency (SPA) mengatakan, Pangeran Mohammad bin Salman mengatakan kepada Raisi bahwa Riyadh "berkomunikasi dengan semua pihak internasional dan regional untuk menghentikan eskalasi yang sedang berlangsung".

Baca juga: Pejabat Israel Sebut Dugaan Rusia Bekingi Hamas Adalah Murni Konspirasi Tak Masuk Akal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat