androidvodic.com

Menkeu AS: Duit Kami Cukup Buat Tanggung Dua Perang di Ukraina dan Israel  - News

Menkeu AS: Duit Kami Cukup Buat Tanggung Dana Dua Perang di Ukraina dan Israel 

News - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen mengatakan kalau Washington mampu menanggung dan memberi dukungan dua perang berbeda yang sedang terjadi.

Dia juga menegaskan, kalau dana mereka berada dalam kondisi yang baik untuk terus mendukung kepentingan AS di luar negeri dalam mendukung Ukraina dan di tengah ketegangan yang sedang berlangsung di Timur Tengah. 

“Amerika pasti mampu untuk berdiri bersama Israel dan mendukung kebutuhan militer Israel dan kami juga dapat dan harus mendukung Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia,” kata Yellen dalam wawancara dengan stasiun televisi Inggris Sky News sebelum pertemuan dengan para menteri keuangan Eurogroup, di Luksemburg, Senin (16/10/2023).

Baca juga: Perang Ukraina Lawan Rusia Belum Kelar, AS Siap Boncos Bantu Israel, Pentagon: Senjata Kami Cukup

Yellen menambahkan kalau prospek keuangan Amerika cukup untuk mendukung sekutu-sekutunya di luar negeri.

Namun, ia memperingatkan kalau potensi dampak ekonomi dari konflik yang lebih besar di Timur Tengah masih belum diketahui.

Hal itu terutama di tengah kondisi pasar minyak dan gas alam global yang sudah bergejolak dan berkontribusi terhadap krisis biaya hidup di beberapa negara Barat pada tahun lalu. 

Yellen yang juga mantan ketua Bank Sentral AS, juga mencatat bahwa inflasi sedang menurun namun meminta Partai Republik untuk mempercepat upaya menunjuk Ketua DPR baru.

Hal itu untuk memastikan bahwa bantuan keuangan dapat mengalir ke luar negeri.

Seperti diketahui, Kevin McCarthy dari Partai Republik California dicopot dari jabatannya awal bulan ini, sehingga menimbulkan kekhawatiran terjadinya kebuntuan ekonomi dan legislatif di Washington.

Baca juga: Rumah Sakit Juga Dibom, Pejabat Israel: Tak Ada Krisis Kemanusiaan di Gaza

McCarthy digulingkan sebagai Ketua setelah rekannya dari Partai Republik, Perwakilan Florida Matt Gaetz, mengadakan pemungutan suara untuk memecatnya.

Voting itu menyusul klaim bahwa McCarthy telah tunduk pada tuntutan Partai Demokrat untuk meloloskan rancangan undang-undang pengeluaran yang besar.

Ia juga dituduh membuat perjanjian dengan Presiden AS Joe Biden untuk terus mendanai militer Ukraina.

“Kami memang perlu menyediakan dana, baik untuk Israel dan Ukraina,” kata Yellen, seraya menambahkan bahwa hal ini tetap menjadi “prioritas” pemerintahan Biden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat