androidvodic.com

Sebelas Hari Perang, Israel Tekor Rp 17,3 T: Minyak Iran Bisa Bikin AS dan Joe Biden Puyeng - News

Sebelas Hari Perangi Hamas dan Bombardir Gaza, Israel Tekor Rp 17,3 T, Minyak Iran Bisa Bikin AS Puyeng

News - Sebelas hari setelah perang melawan pejuang perlawanan Palestina yang dipimpin Hamas, Israel menanggung kerugian ekonomi yang besar.

Hal itu merujuk pada laporan surat kabar Israel, Maariv, pada Selasa (17/10/2023).

Surat kabar itu melaporkan, perekonomian Israel tampak mulai menanggung akibat yang besar dari perang.

Seperti diketahui, peperangan Hamas-Israel dimulai pada tanggal 7 Oktober ditandai oleh serangan bertajuk Operasi Banjir Al-Aqsa yang dilancarkan Hamas.

Baca juga: Menkeu AS: Duit Kami Cukup Buat Tanggung Dua Perang di Ukraina dan Israel 

Surat kabar tersebut menjelaskan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Selasa kalau Israel menanggung kerugian sebesar 4,6 miliar shekel atau setara 1,1 miliar dolar AS (sekira Rp 17,3 Triliun) dalam sebelas hari sejak pecah perang.

Dampak dengan nilai fantastis terhadap perekonomian Israel itu akibat dari tidak adanya pekerja dan rendahnya produktivitas di lembaga-lembaga ekonomi Israel.

Menurut analisis departemen ekonomi Serikat Produsen Israel, penutupan sistem pendidikan, pemblokiran rute lalu lintas, dan mobilisasi besar-besaran tentara cadangan juga telah merugikan produktivitas ekonomi.

Secara total, diperkirakan sekitar 1,3 juta pekerja Israel tidak masuk kerja pada minggu ini.

Di Israel bagian selatan, sekitar 85 persen pekerja mangkir dari pekerjaannya, begitu pula dengan sekitar 20 persen pekerja di wilayah Israel lainnya.

Pasukan Israel menggerakkan tank di dekat kibbutz Nahal Oz di perbatasan dengan Jalur Gaza pada 15 Oktober 2023.
Pasukan Israel menggerakkan tank di dekat kibbutz Nahal Oz di perbatasan dengan Jalur Gaza pada 15 Oktober 2023. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Ketua Serikat Produsen dan Ketua Asosiasi Pengusaha dan Perusahaan, Ron Tomer, mengatakan analisis menunjukkan secara jelas kalau perang merupakan pukulan ekonomi yang parah terhadap perekonomian Israel.

Menurut laporan Maariv, perkiraan ini tidak memperhitungkan kerusakan finansial tambahan dan sangat signifikan.

"Kerugian total yang diterima Israel hanya akan dinilai secara ekonomi pada akhir pertempuran, seperti kerusakan langsung pada pabrik dan kerusakan pada profitabilitas,” tulis laporan media tersebut.

Selain penurunan produktivitas, Israel juga akan mengalami kerugian tidak langsung, seperti rusaknya reputasi perusahaan Israel dengan pelanggan di luar negeri, pembatalan transaksi, kegagalan mematuhi jadwal, dan depresiasi syikal (mata uang Israel).

Tank Israel bergerak di dekat perbatasan Israel Gaza, Israel, Rabu, 11 Oktober 2023. (AP Photo/Erik Marmor)
Tank Israel bergerak di dekat perbatasan Israel Gaza, Israel, Rabu, 11 Oktober 2023. (AP Photo/Erik Marmor) (AP/Erik Marmor)

Meluasnya Perang Bisa Bikin Harga Minyak Melonjak 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat