androidvodic.com

Ukraina Mulai Blak-blakan Serang Teritorial Rusia: 3 Drone Sasar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir - News

Ukraina Mulai Blak-blakan Serang Teritorial Rusia: 3 Drone Sasar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

News - Konstalasi peperangan Rusia-Ukraina mengalami eskalasi yang mengarah pada perang terbuka antara Rusia dan negara-negara Barat pendukung Kiev.

Hal itu dipicu kian terbukanya serangan-serangan pasukan Ukraina ke teritorial Rusia.

Terbaru, dilaporkan setidaknya tiga drone Ukraina berusaha menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Rusia yang terletak sekitar 110 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: Rusia Vs NATO, Siapa Menang Jika Perang Terbuka Pecah? Ini Perbandingan Kekuatan Militernya

Sebagai informasi, peperangan Rusia-Ukraina selama hampir 21 bulan terkahir ini masih dalam lingkup perang wilayah pendudukan.

Ukraina sempat menyatakan hanya akan menyerang lokasi di mana Rusia menginvasi wilayah yang mereka akui sebagai kedaulatan Kiev, bukan teritorial Rusia sendiri.

Meski beberapa waktu lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pernah mengungkapkan keinginannya membawa 'suasana perang' ke Moskow (lewat serangan bertubi-tubi drone), Kiev jarang mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di teritorial Rusia.

Adapun Moskow mengancam akan meluncurkan rudal balistik mereka langsung ke Kiev, jantung dari Ukraina, jika wilayah kedaulatan mereka diserang.

Selama ini, menurut Rusia, pasukan Moskow hanya mengamankan wilayah 'abu-abu' yang ingin bebas dari Ukraina, sebuah klaim yang dianggap Kiev sebagai penjajahan.

Disebut abu-abu karena Ukraina dan para sekutu baratnya menilai sejumlah wilayah seperti Krimea, Donetsk, dll adalah secara sah merupakan wilayah kedaulatan Ukraina, pernyataan yang dianggap Rusia sebagai klaim omong kosong merujuk pada penilaian Kremlin kalau rakyat di wilayah tersebut memilih untuk merdeka atau bergabung ke Rusia.

Moskow juga masih 'malu-malu' menyatakan perang terbuka ke Ukraina dengan melabelkan invasi militer mereka sebagai 'operasi militer khusus' ke wilayah-wilayah pendudukan.

Pun, jika ancaman Moskow terjadi dengan penyerangan langsung ke wilayah sah Ukraina, hal itu akan memicu perang terbuka di mana Amerika Serikat dan NATO secara langsung akan ikut serta membantu Ukraina.

Selama ini, baik AS maupun negara-negara NATO hanya mengirimkan 'bantuan' tanpa terjun langsung mengirimkan personel militer sah mereka ke zona perang.

Baca juga: Rusia Kerahkan Lumba-lumba Tempur ke Garis Depan Lawan Serangan Amfibi Pasukan Ukraina di Krimea

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kursk milik Rusia
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Kursk milik Rusia. PLTN ini dilaporkan mengalami serangan drone pada Kamis (26/10/2023). Rusia mengklaim, serangan drone tersbeut berasal dari militer Ukraina.

PLTN Kursk Jadi Target

Terkait serangan di teritorial Rusia, operator pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) negara Rusia, Rosenergoatom menegaskan, insiden di PLTN Kursk tidak menimbulkan kerusakan atau mempengaruhi operasional pembangkit tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat