androidvodic.com

Eks-PM Israel: Dukungan AS Melemah, Cuma Tinggal 3 Pekan Buat IDF Leyapkan Hamas - News

Eks-PM Israel: Dukungan AS Melemah, Cuma Tinggal 3 Pekan Buat IDF Leyapkan Hamas

News - Mantan perdana menteri Israel dan menteri pertahanan, Ehud Barak menyatakan kekhawatirannya kalau Tentara Israel (IDF) hanya punya waktu beberapa minggu lagi untuk menuntaskan misi mereka melenyapkan Hamas.

Menipisnya waktu bagi Israel tersebut seiring melemahnya dukungan sekutu utama dan abadi mereka, Amerika Serikat (AS) karena tekanan internasional.

Baca juga: Korban di Gaza Tembus 10 Ribu, Presiden Iran Bikin Sejarah Datang ke Arab Saudi Guna Bahas Genosida

AS disebutkan seolah menjadi 'wali murid' bagi Israel untuk meredakan ketegangan yang ditimbukan oleh bombardemen Israel di Gaza.

Menlu AS, Anthony Blinken sepanjang pekan ini diketahui berkeliling Timur Tengah untuk menemui para pemimpin negara-negara yang mengecam aksi Israel tersebut.

Baca juga: Negara-Negara Arab Mulai Gerah ke Israel, Giliran Aljazair Kirim Sinyal Gabung Perang di Gaza

Politico melaporkan, meningkatnya kritik internasional terhadap Israel atas pemboman mengerikan di Gaza, membuat AS juga kian menekan Israel untuk menahan diri, berhenti.

"Yang paling penting, dukungan terhadap kampanye militer Israel, yang telah menewaskan lebih dari 10.000 warga Palestina, mayoritas perempuan dan anak-anak, hanya dalam waktu satu bulan, telah memburuk di AS, pendukung utama Israel," tulis laporan Politico, Selasa (7/11/2023).

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan media tersebut, Barak mengamati retorika para pejabat AS telah berubah dalam beberapa hari terakhir dengan semakin banyaknya seruan ke Israel untuk jeda kemanusiaan dalam pertempuran tersebut.

Diakui secara luas kalau Israel tidak dapat melaksanakan perangnya saat ini, yang dilancarkan sebagai tanggapan atas serangan mendadak Hamas terhadap pemukiman Israel di sekitar Gaza pada tanggal 7 Oktober, tanpa bantuan AS.

Barak khawatir, dukungan awal dari AS untuk Israel yang dihasilkan setelah serangan Hamas akan berkurang.

Hal itu, kata dia, karena video kematian perempuan dan anak-anak Palestina terus disiarkan secara langsung di luar Gaza.

“Anda dapat melihat jendelanya ditutup. Jelas bahwa kita sedang menuju perselisihan dengan Amerika mengenai serangan tersebut. Amerika tidak bisa mendikte Israel apa yang harus dilakukan. Tapi kita tidak bisa mengabaikannya,” kata Barak.

“Kami harus memenuhi tuntutan Amerika dalam dua atau tiga minggu ke depan, mungkin kurang dari itu,” kata dia.

Gambar dari total 120 kain kafan yang diwarnai dengan cat merah dan ditandai dengan bendera Palestina yang dipasang oleh LSM Rio de Paz di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, diambil pada tanggal 3 November 2023. Kain kafan tersebut dipasang sebagai bentuk protes untuk mewakili Palestina. ribuan nyawa anak-anak Palestina hilang dalam konflik saat ini antara Israel dan Gaza. Orang-orang bersenjata Hamas menyerbu melintasi perbatasan dari Gaza ke Israel pada tanggal 7 Oktober dan melakukan serangan paling mematikan sejak negara itu didirikan pada tahun 1948. Sebagai pembalasan, Israel mengumumkan akan menghancurkan Hamas dan memulai pemboman tanpa henti di Jalur Gaza. (Photo by Carl DE SOUZA / AFP)
Gambar dari total 120 kain kafan yang diwarnai dengan cat merah dan ditandai dengan bendera Palestina yang dipasang oleh LSM Rio de Paz di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, diambil pada tanggal 3 November 2023. Kain kafan tersebut dipasang sebagai bentuk protes untuk mewakili Palestina. ribuan nyawa anak-anak Palestina hilang dalam konflik saat ini antara Israel dan Gaza. Orang-orang bersenjata Hamas menyerbu melintasi perbatasan dari Gaza ke Israel pada tanggal 7 Oktober dan melakukan serangan paling mematikan sejak negara itu didirikan pada tahun 1948. Sebagai pembalasan, Israel mengumumkan akan menghancurkan Hamas dan memulai pemboman tanpa henti di Jalur Gaza. (Photo by Carl DE SOUZA / AFP) (AFP/CARL DE SOUZA)

Gema Aksi Genosida Israel Kian Nyaring

Pada 7 November, Washington Post mencatat semakin banyak pengamat di seluruh dunia mulai memandang pemboman Israel terhadap warga sipil Palestina sebagai genosida.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat