androidvodic.com

AS Janjikan Bantuan Kemanusiaan Rp 6,5 Triliun untuk Palestina - News

News - Amerika Serikat menjanjikan pemberian bantuan baru lebih dari $400 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun untuk Palestina.

Janji itu diutarakan dalam pertemuan puncak darurat di Yordania, Selasa (11/6/2024), di mana para pemimpin dunia mendukung desakan AS untuk melakukan gencatan senjata sebagai satu-satunya solusi akhir untuk membantu Gaza yang dilanda perang.

Dilansir The New Arab, Yordania dan Mesir menyerukan perundingan mendesak mengenai Laut Mati.

Organisasi kemanusiaan memperingatkan, bahwa kondisi di Gaza lebih buruk dari sebelumnya.

Hampir seluruh penduduk Gaza yang berjumlah lebih dari dua juta orang bergantung pada pengiriman bantuan secara sporadis.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dalam perjalanan terbarunya melintasi wilayah tersebut, menjanjikan $404 juta untuk makanan, air minum, pasokan kesehatan, dan bantuan lainnya untuk Palestina.

Menanggapi kritik atas dukungan AS untuk Israel, Blinken menyebut bahwa permohonan PBB untuk Palestina hanya didanai sepertiganya, dengan kekurangan sekitar $2,3 miliar.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) berpidato di depan media bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di dalam The Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 12 Oktober 2023.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) berpidato di depan media bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di dalam The Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 12 Oktober 2023. (JACQUELYN MARTIN / POOL / AFP)

“Beberapa pihak yang telah menyatakan keprihatinan besar atas penderitaan rakyat Palestina di Gaza, termasuk negara-negara yang mampu memberikan banyak hal, justru hanya memberikan sedikit atau tidak bahkan memberikan bantuan sama sekali,” kata Blinken, kemungkinan merujuk pada musuh AS, China dan Rusia.

“Sudah waktunya bagi semua orang – setiap orang – untuk mengambil langkah maju," ucap Blinken.

"Dan bagi mereka yang sudah memberi dan bermurah hati, berikan lebih banyak lagi."

Sekjen PBB Antonio Guterres juga mendukung usulan yang dipimpin AS.

Baca juga: Hamas Terima Resolusi Gencatan Senjata PBB dan Siap Bahas Detailnya, tapi Israel Masih Belum Jelas

Ia dan mengatakan pada konferensi tersebut: "Kengerian harus dihentikan".

“Kecepatan dan skala pembantaian dan pembunuhan di Gaza melebihi apa pun selama saya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal,” katanya.

UNRWA perlu didukung dan dilindungi

AS telah menghasilkan kontribusi bantuan sebesar $674 juta sejak tanggal 7 Oktober ketika Israel memulai operasi militer brutalnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat