androidvodic.com

Kapal Perang Baru Rusia Pembawa Rudal Kalibr Rusak Parah Dihantam Storm Shadow Ukraina di Krimea - News

Kapal Perang Baru Rusia Pembawa Rudal Kalibr Rusak Parah Dihantam Strom Shadow Ukraina di Krimea

News - Kapal perang Rusia di Krimea lagi-lagi kena rudal Ukraina di Krimea.

Dalam sebuah serangan terbaru, rudal Ukraiana dilaporkan menghantam kapal perang baru Rusia yang bahkan belum sempat bertugas sebagai bagian dari Armada Laut Hitam.

Kapal perang baru yang dimaksud adalah Korvet (kapal perang kecil) kelas Karakurt Proyek Askold 22800 Rusia.

Kapal pembawa rudal Kalibr yang berlabuh di galangan kapal Kerch di Krimea ini rusak parah kena rudal storm shadow Ukraina pada Sabtu (4/11/2023) silam.

Baca juga: Ukraina Luncurkan Dua Rudal ATACMS AS Serang Sistem Pertahanan Udara Rusia di Krimea

Belakangan, para analis menyebut, dari sejumlah analisis data dan foto, kapal perang baru Rusia tersebut kemungkinan besar rusak berat dan tidak dapat dioperasikan dalam waktu dekat. 

"Ukraina menyerang kapal perang Rusia yang baru jauh di belakang garis musuh. Mereka (Ukraina) telah merusak atau menghancurkan beberapa kapal Armada Laut Hitam, dan dalam kasus ini, mereka menghentikan tindakan kapal Rusia bahkan sebelum kapal tersebut dapat ditugaskan," kata seorang analis dilansir BI.

Citra satelit sebelum dan sesudah serangan menunjukkan kerusakan pada kapal dan infrastruktur di sekitarnya.

Analis perang di Institut Studi Perang (ISW) mengatakan serangan terhadap kapal tersebut “kemungkinan akan membuat kapal tersbeut tidak dapat dioperasikan di masa mendatang,” mengutip foto yang diposting oleh sumber-sumber Rusia dan Ukraina.

Foto-foto yang dibagikan oleh akun open source di media sosial menunjukkan kerusakan signifikan pada bagian atas dan samping kapal perang tersebut.

Salah satu video konon menangkap momen sebuah rudal Ukraina menghantam kapal tersebut, mengakibatkan ledakan besar api dan asap.

"Seperti banyak serangan sebelumnya di dan sekitar Krimea, serangan Ukraina terhadap Askold kemungkinan besar dilakukan dengan rudal Storm Shadow/SCALP-EG," kata para pengamat.

Baca juga: Damprat Rusia, Iran, dan Korut, Zelensky Sebut Israel Bisa Bertindak di Luar Hukum Internasional

Efek Besar Strom Shadow Bagi Ukraina

Sejak menggunakan rudal tersebut pada pertengahan Mei, Ukraina telah menggunakan Storm Shadow/SCALP-EG – rudal jelajah yang diluncurkan dari udara yang disediakan Inggris dan Perancis dengan jangkauan 155 mil – dengan efek yang luar biasa.

Rudal tersebut kemungkinan juga digunakan Ukraina dalam pemboman baru-baru ini di Sevastopol yang merusak dua kapal perang dan fasilitas galangan kapal di sekitarnya pada September.

Baca juga: Sevastopol Remuk Dihajar Rudal Ukraina, Kapal Armada Laut Hitam Rusia Mengungsi Tinggalkan Krimea

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat