androidvodic.com

Daftar Negara yang Tarik Diplomatnya akibat Serangan Israel di Gaza, Sikap Arab Saudi Dinanti-nanti - News

News - Belasan negara di seluruh dunia telah meminta Israel untuk menahan diri terhadap serangannya dalam perang di Gaza.

Sejumlah negara lainnya membuat langkah lebih jauh dengan memutuskan hubungan dengan Israel atau setidaknya melakukan protes diplomatik resmi lainnya.

Seruan internasional untuk gencatan senjata meningkat, termasuk dari Arab Saudi, yang sebelum perang meletus, berencana menormalisasikan hubungan dengan Israel.

Namun, Israel tetap menolak seruan gencatan senjata hingga sandera dibebaskan.

Minggu ini, Belize menjadi negara terbaru yang mengambil tindakan sebagai protes atas tindakan Israel, menyusul negara-negara lainnya di Amerika dan Afrika.

Dilansir Axios, berikut negara-negara yang menangguhkan hubungan diplomatiknya terhadap Israel.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi MBS Desak Gencatan Senjata di Gaza dan Minta Para Pemimpin Bersatu

Negara-negara di Amerika

1. Belize

Belize hari Selasa (14/11/2023) mengumumkan bahwa mereka menangguhkan hubungan diplomatik terhadap Israel sambil menegaskan kembali seruannya untuk gencatan senjata segera.

Belize mengatakan pihaknya mencabut penunjukan Konsul Kehormatannya di Tel Aviv.

Mereka juga mencabut, akreditasinya untuk duta besar Israel untuk Belize dan menyebut bahwa semua kegiatan Konsulat Kehormatan Israel di Belize telah ditangguhkan.

2. Chile

Chile memanggil kembali duta besarnya untuk Israel akhir bulan lalu, dengan alasan “pelanggaran yang tidak dapat diterima terhadap Hukum Humaniter Internasional yang dilakukan Israel di Jalur Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri Chile dalam sebuah pernyataan.

Presiden Chile Gabriel Boric menyebut tindakan Israel tidak proporsional dan melanggar hukum kemanusiaan internasional, lapor Reuters.

3. Kolombia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat