androidvodic.com

Israel Ngebom Sekolah Al-Fakhoora di Gaza Utara, 50 Pengungsi Anak-anak dan Perempuan Tewas - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, GAZA – Kebrutalan tentara Israel di Gaza masih terus berlanjut Sabtu, 18 November 2023 kemarin dengan mengerahkan jet tempurnya untuk mengebom Sekolah al-Fakhoora yang dikelola lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza Utara.

Akibatnya, lebih dari 50 pengungsi tewas. Saat Israel membombardir Sekolah al-Fakhoora, sekolah tersebut digunakan sebagai shelter pengungsi untuk berlindung sejak Israel terus melancarkan gempuran udara dan artileri ke Gaza.  

Para saksi menggambarkan kehancuran besar-besaran di Sekolah al-Fakhoora pasca pengeboman oleh jet tempur Israel.

“Pemandangannya sangat mengerikan. Mayat perempuan dan anak-anak tergeletak di tanah. Yang lain berteriak minta tolong,” kata Ahmed Radwan, korban selamat yang terluka ketika diwawancarai oleh kantor berita Associated Press melalui telepon.

Selain menargetkan sekolah al-Fakhoora, Israel juga melancarkan serangan ke satu sekolah lainnua di Tal al-Zaatar, Gaza.

Beberapa ratus orang diyakini berlindung di kedua sekolah tersebut, menghindari serangan Israel yang tiada henti. Serangan terhadap al-Fakhoora terjadi pada dini hari, sedangkan serangan terhadap Tal al-Zaatar terjadi pada sore hari.

“Serangan Israel terhadap sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum tampaknya sedang menjadi tren saat ini," kata Hani Mahmoud dari Al Jazeera.

“Beberapa serangan udara menimbulkan kerusakan parah di kedua sekolah,” imbuhnya.

Pasca kejadian itu, Kementerian Luar Negeri Qatar mengutuk kembali pemboman Israel terhadap Sekolah al-Fakhoora, dan menyerukan “penyelidikan internasional yang mendesak dan penyelidik independen untuk menyelidiki penargetan Israel terhadap sekolah dan rumah sakit di Gaza”.

Baca juga: Masih Banyak Jenazah Berserakan di Gaza utara, Militer Israel Tembaki Ambulans dan Pekerja Medis

Kamp pengungsi Jabalia telah menjadi sasaran serangan udara selama berminggu-minggu, karena Israel mengklaim kamp tersebut menampung kelompok militan Palestina Hamas.

Total 200 Tewas

Serangan Israel terhadap sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum “tampaknya sedang menjadi tren saat ini”, kata Hani Mahmoud dari Al Jazeera, melaporkan dari Khan Younis di Gaza selatan.

Beberapa serangan udara menimbulkan kerusakan parah di kedua sekolah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat