androidvodic.com

Daniel Noboa Dilantik Jadi Presiden Ekuador, Ahli Waris Bisnis Pisang, Masih Usia 35 Tahun - News

News - Ekuador memiliki sosok presiden baru.

Ia adalah Daniel Noboa.

Pria yang masih berusia 35 tahun itu merupakan ahli waris bisnis pisang top di Ekuador.

Daniel Noboa dilantik sebagai Presiden Ekuador pada Kamis (23/11/2023).

Acara pelantikan Daniel Noboa dihadiri oleh Presiden Kolombia, Gustavo Petro.

Sementara, ayah Noboa, yang gagal menjadi presiden sebanyak lima kali, tidak terlihat menghadiri pelantikan anaknya.

"Untuk melawan kekerasan kita harus memerangi pengangguran, negara ini membutuhkan lapangan kerja untuk menciptakannya, saya akan mengirimkan reformasi mendesak ke majelis," ucap Noboa dalam pidato perdananya di depan anggota parlemen Majelis Nasional di Quito.

Ia memenangkan pemilu putaran kedua pada Oktober 2023 ini, dikutip dari Al Jazeera.

Presiden baru Ekuador Daniel Noboa
Gambar selebaran yang dirilis oleh Kepresidenan Ekuador ini menunjukkan Presiden baru Ekuador Daniel Noboa berbicara pada saat pelantikannya di Majelis Nasional di Quito pada tanggal 23 November 2023. Presiden baru Ekuador, jutawan berusia 35 tahun pewaris kerajaan pisang, Daniel Noboa, mengambil gambar menjabat pada hari Kamis sebagai pemimpin negara yang dilanda perang narkoba berdarah.

Baca juga: Polisi Ekuador Berhasil Sita Hampir 14 Ton Narkoba yang akan Dikirim ke AS, Amerika Tengah dan Eropa

Dalam janji kampanyenya, Noboa menekankan pemulihan keamanan hingga meningkatkan lapangan kerja.

Bahkan selama kampanyenya, Noboa mengaku ingin membuat penjara lepas pantai dengan kapal tongkang untuk mengisolasi narapidana yang paling kejam.

Mengutip NPR, masa jabatan Daniel Noboa nantinya hanya akan berlangsung hingga Mei 2025, yang merupakan sisa masa jabatan Presiden Guillermo Lasso.

Meski Ekuador dicap sebagai salah satu negara paling aman di kawasan ini, Ekuador telah menyaksikan kekerasan berdarah dalam beberapa tahun terakhir akibat persaingan kelompok penyelundup narkoba.

Ekuador Daniel Noboa
Gambar selebaran yang dirilis oleh Kepresidenan Ekuador menunjukkan Presiden baru Ekuador Daniel Noboa menunjuk ke arah kerumunan dari balkon Istana Carondelet setelah dilantik di Majelis Nasional, di Quito pada 23 November 2023. Presiden baru Ekuador, pewaris jutawan berusia 35 tahun ke kerajaan pisang, Daniel Noboa, mulai menjabat pada hari Kamis sebagai pemimpin negara yang dilanda perang narkoba berdarah.

Sekitar 3.600 orang terbunuh akibat kekerasan narkoba, lapor Observatorium Kejahatan Terorganisir Ekuador.

Warga Ekuador, baik tua dan muda, kaya dan miskin, penduduk perkotaan dan pedesaan, memiliki tuntutan universal terhadap calon presiden selama masa kampanye, yakni keselamatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat