androidvodic.com

Petinggi Hamas Hadiri Peringatan 10 Tahun Kematian Nelson Mandela di Johannesburg, Afrika Selatan - News

Petinggi Hamas Hadiri Peringatan 10 Tahun Kematian Nelson Mandela di Johannesburg, Afrika Selatan

News- Petinggi pejuang Palestina, Hamas menghadiri acara peringatan 10 tahun kematian Nelson Mandela di Johannesburg, Afrika Selatan.

Hamas menyambut peringatan 10 tahun kematian Mandela di peringatan di Johannesburg pada Selasa (5/12/2023).

Pejabat senior Hamas bergabung dengan keluarga Nelson Mandela di Johannesburg memperingati 10 tahun kematian Nelson Mandela dan menyoroti konflik sengit di Gaza.

Mandela, yang meninggal pada usia 95 tahun tanggal 5 Desember pada tahun 2013, menjadikan negara Palestina sebagai salah satu tujuan internasional utamanya ketika ia menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan pada tahun 1994.

Dan perwakilan Hamas termasuk di antara tamu Palestina yang meletakkan karangan bunga ketika keluarga Mandela memberikan penghormatan di patung raksasa ikon anti-apartheid.

Afrika Selatan mengecam keras Zionis Israel  yang melancarkan serangan ke Gaza yang menewaskan ribuan orang.

Baca juga: Israel Disebut Kebal Sanksi, Cicit Nelson Mandela: AS dan Media Propaganda Jadi Pelindung

 


Warisan Mandela untuk Palestina

Cucu Mandela, anggota majelis nasional Mandla Mandela, membantu menyelenggarakan konferensi dua hari mengenai konflik Palestina-Israel sebelum peletakan karangan bunga di Union Buildings.

Basem Naim, mantan menteri kesehatan Hamas di Gaza, dan Khaled Qaddoumi, perwakilan kelompok militan di Iran, termasuk di antara warga Palestina yang berkunjung untuk konferensi dan peringatan tersebut.

“Kami menunggu untuk mendapatkan pengalaman langsung dari kekejaman sehari-hari yang dialami di Gaza,” kata Mandla Mandela kepada stasiun televisi nasional SABC.

“Merupakan pengalaman nyata bagi mereka untuk berada di Afrika Selatan dan belajar dari pengalaman kami karena kami harus menghadapi salah satu rezim apartheid paling brutal di benua ini dan kami mampu mengalahkannya.”

Dia mengatakan kakeknya menganggap masalah yang dihadapi negara Palestina sebagai “masalah moral terbesar di zaman kita” dan menambahkan: “Kami melanjutkan apa yang dia tinggalkan.”

Baca juga: Surat Perintah Penangkapan Nelson Mandela Dibuat Versi NFT, Laku Rp 1,87 Miliar

Mandla Mandela adalah anggota Kongres Nasional Afrika yang berkuasa yang bulan lalu mendukung mosi majelis nasional yang menyerukan penutupan kedutaan Israel dan penangguhan hubungan diplomatik sebagai protes terhadap perang tersebut.

Afrika Selatan juga secara resmi meminta Pengadilan Kriminal Internasional untuk menyelidiki apa yang disebut Presiden Cyril Ramaphosa sebagai “kejahatan perang” Israel di Gaza.

Israel yang menolak perbandingan antara konflik dan apartheid, tidak mengirimkan pemimpin seniornya ke pemakaman Mandela pada tahun 2013.

(Sumber: AFP, Wired)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat