androidvodic.com

Strategi Israel Bombardir Rata Tanah Gaza Malah Jadi Bumerang: Hamas Justru Makin Kuat - News

Strategi Israel Bombardir Rata Tanah Gaza Malah Jadi Bumerang: Hamas Justru Makin Kuat

News - Segera setelah tentara Israel mulai maju ke Gaza pada 27 Oktober untuk invasi darat, mereka menghadapi perlawanan keras dari pasukan milisi perlawanan Palestina.

Namun resistensi dan perlawanan milisi Palestina, seperti Hamas dan gerakannya lain, ini tampaknya semakin kuat seiring berjalannya waktu.

Sejumlah statistik, plus output kebijakan militer Israel dalam Perang Gaza, belakangan menunjukkan kalau perlawanan milisi memang jauh dari kata habis, bahkan cenderung menguat.

Baca juga: Hamas Bikin Runyam Masterplan AS dan Israel: Arab Saudi Malah Mendekat ke Iran, Perang Tanpa Arah

Namun mengapa hal ini terjadi?

Selama berhari-hari sebelum invasi darat, dan dimulai pada tanggal 7 Oktober, Israel memulai proses penghancuran sistematis di Gaza, menggunakan strategi sabuk api – yang pada dasarnya membakar segala sesuatu yang dilaluinya.

Strategi lainnya adalah carpet bombing, meratakan sejumlah lingkungan dan kawasan permukiman lewat bombardemen hebat untuk menciptakan jalan bagi serangan darat pada invasi berikutnya.

Hasilnya adalah terbunuhnya ribuan warga Palestina dan pembantaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah perjuangan Palestina melawan pendudukan Israel.

Namun memasuki Gaza bukanlah tugas yang mudah.

Puluhan tank dan kendaraan militer lainnya Israel dihancurkan pada hari-hari awal invasi darat ke Gaza.

"Israel pasti sudah mengantisipasi hal ini, karena mereka memang telah mempersiapkan masyarakatnya untuk menghadapi hari-hari sulit di masa depan, sesuai kata-kata dan pernyataan dari berbagai anggota Kabinet Dewan Perang Israel," tulis ulasan TC mengenai ringkasan Perang Gaza sejauh ini.

Pada 8 November, ‘hari-hari sulit’ ini tampaknya telah berakhir, ketika juru bicara militer Israel Daniel Hagari menyatakan “Hamas telah kehilangan kendali dan terus kehilangan kendali di wilayah utara.”

Pernyataan ini secara khusus dimaksudkan untuk menyoroti kalau Israel siap untuk tahap perang berikutnya: menyerang wilayah Gaza selatan.

Baca juga: Acak-acak Gaza Utara Tapi Tak Temukan Markas Hamas, Israel Kini Mau Invasi Gaza Selatan

Namun kenyataan di lapangan mencerminkan kurang tanggapnya militer Israel terhadap situasi di Gaza utara, atau ketergesaan para politisi untuk menyatakan pencapaian apa pun, betapapun dangkalnya kemajuan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat