androidvodic.com

Penembakan Massal di Ceko, Praha Tetapkan 23 Desember 2023 sebagai Hari Berkabung Nasional - News

TRBUNNEWS.COM - Penembakan massal di Republik Ceko pada Kamis (21/12/2023) menewaskan sedikitnya 15 orang, termasuk pelaku.

Menanggapi insiden mematikan ini, Republik Ceko menetapkan tanggal 23 Desember 2023 sebagai hari berkabung nasional.

"Kami menyerukan kepada warga untuk menghormati para korban dengan mengheningkan cipta selama satu menit pada hari itu, pada pukul 12.00 waktu setempat," kata Perdana menteri, Petr Fiala.

"Kami meminta para gubernur dan otoritas administrasi negara untuk membunyikan bel di seluruh Republik Ceko pada pukul 12.00 waktu setempat," lanjut Fiala.

Ia juga memerintahkan Menteri Kehakiman untuk memberikan kerja sama yang maksimal kepada para penyintas dalam menangani tuntutan ganti rugi berdasarkan Undang-Undang Korban Tindak Pidana.

Baca juga: Identitas Pelaku dan Kronologi Penembakan Massal di Ceko Terkuak, Bunuh Ayah Sendiri sebelum Beraksi

Penembak yang diidentifikasi sebagai David K, mulai memberondong orang yang ada di gedung Fakultas Filsafat, Universitas Charles di Praha pada Kamis (21/12/2023) sore.

Selain merenggut 15 nyawa, 25 orang lainnya mengalami luka serius akibat penembakan massal itu.

Tersangka sendiri adalah mahasiswa di fakultas tersebut.

Dikutip dari seznamzpravy.cz, pemuda yang berasal dari desa Hostouň di Central Bohemia itu masih berusia 24 tahun.

Polisi melakukan pencarian selama beberapa jam hingga akhirnya mendapat informasi bahwa pelaku mencoba bunuh diri.

Sebelum pukul 16.00 waktu setempat, penembak dtemukan sudah tak bernyawa.

Baca juga: Penembakan Massal Terjadi di Praha Republik Ceko, Pelaku Tewaskan 14 Orang

Ambulans dan Mobil Polisi memenuhi lokasi TKP penembakan massal di Universitas Charles, Kota Praha, Republik Ceko, Kamis (21/12/2023)
Ambulans dan Mobil Polisi memenuhi lokasi TKP penembakan massal di Universitas Charles, Kota Praha, Republik Ceko, Kamis (21/12/2023). - Menanggapi insiden Penembakan massal di Republik Ceko, Republik Ceko menetapkan tanggal 23 Desember 2023 sebagai hari berkabung nasional.(Michal CIZEK / AFP)

Menurut polisi, David K kemungkinan juga melakukan pembunuhan di Klánovice, sebuah distrik kotamadya dan area kadaster di Praha, Republik Ceko.

Menurut penjelasan Wikipedia, awalnya Klánovice merupakan sebuah desa, kemudian menjadi kotamadya, itu kini jadi distrik Praha pada tahun 1974.

Terletak di batas timur kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat