androidvodic.com

Kepalanya Diburu Rusia, Ini 'Dosa-dosa' Bos Intelijen Ukraina Kirill Budanov - News

News -- Kepala dinas intelijen militer Ukraina (GUR) Kirill Budanov ditetapkan menjadi buronan di Rusia.

Budanov masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yang ditetapkan oleh Pengadilan distrik Moskow pada Senin (25/12/2023).

Pengadilan Basmanny di Moskow menyebutkan bahwa Budanov terlibat dalam 104 kejahatan, termasuk aksi terorisme melawan Rusia.

Baca juga: Houthi Serang Kapal Israel di Laut Merah: Rusia Ketiban Cuan, Barat Menderita

Disebutkan oleh Russia Today, status tersebut dikeluarkan secara in-absentia karena Budanov sendiri tidak diketahui keberadaannya. Tentunya kemungkinan besar ia berada di wilayah Ukraina.

Akan tetapi, jika perwira berpangkat mayor jenderal itu diekstradisi ke Rusia atau ditahan oleh penegak hukum Rusia, ia akan ditahan setidaknya selama dua bulan.

Komite Investigasi Rusia mengidentifikasi Budanov sebagai salah satu dari empat tersangka dalang lebih dari 100 serangan teroris yang melibatkan drone yang menargetkan infrastruktur sipil Rusia bulan Oktober lalu.

Sementara pengadilan distrik Lefortovo Moskow pada bulan April memerintahkan penangkapan Budanov sehubungan dengan konspirasi terorisme dan penanganan bahan peledak secara ilegal.

Budanov secara terbuka menganjurkan serangan Ukraina terhadap wilayah Rusia, termasuk wilayah yang diakui Kiev sebagai wilayah kedaulatan Moskow. Dia awalnya menyebut tindakan tersebut sebagai “kegiatan partisan,” namun kemudian mengakui tanggung jawab negara Ukraina.

Baca juga: Sergey Pashynsky Gembong Senjata Ukraina, Disebut Bandit Oleh Zelensky Namun Dibutuhkan Saat Perang

Surat kabar asal Amerika Serikat, The Washington Post memberitakan pada Oktober bahwa AS telah memimpin perombakan besar-besaran terhadap layanan khusus Ukraina setelah kudeta bersenjata tahun 2014 di Kiev.

Lembaga intelijen Ukraina ini dibangun kembali dari awal oleh CIA.

Bersama dengan rekan sipilnya, SBU, GUR telah membunuh puluhan pejabat Rusia.

Foto selebaran ini diambil dan dirilis oleh Victor Pinchuk Foundation pada tanggal 9 September 2023 menunjukkan Kepala Intelijen Militer Ukraina Kyrylo Budanov menghadiri pertemuan ke-18 Strategi Eropa Yalta
Foto selebaran ini diambil dan dirilis oleh Victor Pinchuk Foundation pada tanggal 9 September 2023 menunjukkan Kepala Intelijen Militer Ukraina Kyrylo Budanov menghadiri pertemuan ke-18 Strategi Eropa Yalta "Masa Depan Diputuskan di Ukraina" di Kyiv. (Selebaran / Yayasan Victor Pinchuk / AFP)

Badan militer tersebut juga diduga berada di balik sejumlah serangan pesawat tak berawak jarak jauh jauh di dalam wilayah Rusia, termasuk di Moskow.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengidentifikasi Budanov sebagai dalang pemboman Jembatan Krimea pada Oktober 2022, yang melibatkan alat peledak kuat yang diselundupkan ke Rusia oleh truk yang tidak menaruh curiga.

Pria tersebut dan dua orang lainnya yang berada di dalam mobil di dekatnya tewas ketika kendaraannya meledak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat