androidvodic.com

Erdogan Bersumpah Turki akan Terus Dukung Orang yang Tertindas, Terutama Warga di Gaza - News

News - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan komitmen abadi negaranya untuk mendukung orang-orang tertindas, khususnya di Jalur Gaza yang terkepung.

Hal ini disampaikan Recep Tayyip Erdogan dalam acara peringatan wafatnya penyair Mehmet Akif Ersoy, penulis lirik lagu kebangsaan Turki, Senin (25/12/2023).

“Kami akan terus berseru dengan menggunakan bahasa Akif untuk mereka yang terbunuh, dieksploitasi, dan ditindas, terutama di Gaza, dan berdiri di atas sisi keadilan dan kebenaran," kata Erdogan, dikutip dari Anadolu Agency.

Selanjutnya, menanggapi serangan yang terus berlanjut terhadap integritas Turki, Erdogan menekankan tekad negaranya untuk mengamankan masa depan kemerdekaannya.

Erdogan juga mendesak upaya terbaiknya untuk mempertahankan sikap tegas terhadap segala kegiatan yang membahayakan keamanan internal negara.

Baca juga: Sembilan Poin Proposal Mesir untuk Gencatan Senjata di Gaza: Hamas Sudah Oke, Israel Ogah?

Respons Turki Terhadap Veto AS

Sebelumnya, Recep Tayyip Erdogan mempertanyakan apakah keadilan dapat dicapai setelah seruan gencatan senjata ditolak.

Pasalnya, Amerika Serikat (AS) memveto resolusi PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza.

“Pemerintahan Israel, yang mendapat dukungan tak tergoyahkan dari negara-negara Barat, melakukan kekejaman dan pembantaian yang mematikan di Gaza yang akan membuat semua umat manusia tersipu."

"Dunia yang adil mungkin terjadi, tetapi tidak dengan Amerika, karena Amerika memihak Israel,” ujar Erdogan, Sabtu (9/12/2023), dilansir Al Jazeera.

“Mereformasi Dewan Keamanan PBB adalah suatu keharusan,” tambah Presiden Turki itu.

Baca juga: Netanyahu Dorong Warga Tinggalkan Gaza secara Sukarela, Kemlu Palestina Kecam Rencana Pengusiran

Presiden Turki dan Pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Recep Tayyip Erdogan berbicara dalam pertemuan kelompok partainya di Majelis Agung Nasional Turki di Ankara pada 29 November 2023.
Presiden Turki dan Pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Recep Tayyip Erdogan berbicara dalam pertemuan kelompok partainya di Majelis Agung Nasional Turki di Ankara pada 29 November 2023. (ADEM ALTAN / AFP)

Netanyahu Sebut Perang di Gaza Tak akan Berakhir

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bertemu dengan tentara Israel di Gaza yang terkepung, Senin.

Netanyahu berjanji untuk melanjutkan perang melawan Hamas.

Hal ini disampaikan Netanyahu ketika tekanan terhadap pemerintahannya meningkat untuk memulihkan sandera yang masih ditahan oleh kelompok militan tersebut.

“Siapa pun yang berbicara tentang berhenti, tidak ada hal seperti itu,” kata Netanyahu kepada tentara saat mengunjungi markas tentara di utara Jalur Gaza, dilansir FT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat