androidvodic.com

Balas Kematian 12 Tentara, Turki Bombardir Timur Suriah: Militer Kurdi SDF Proksi AS Murka - News

Balas Kematian 12 Tentara, Turki Bombardir Timur Suriah: Militer SDF Proksi AS Murka

News - Turki dilaporkan melakukan serangan udara yang menargetkan puluhan fasilitas sipil di timur laut Suriah pada Rabu (25/12/2023).

Pernyataan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), kelompok militer yang didukung dan terafiliasi dengan Amerika Serikat, menyatakan, serangan Turki itu menewaskan sejumlah warga sipil, termasuk kaum perempuan.

"Ankara menyerang “25 fasilitas layanan sipil di Suriah utara dan timur, mengakibatkan delapan warga sipil, termasuk dua wanita, mati syahid,” kata juru bicara SDF Farhad Shami melalui media sosial.

Baca juga: Turki dan Irak Sepakat Usir Partai Pekerja Kurdistan dari Wilayah Kedaulatan Irak

Dalam pernyataannya SDF mengungkapkan kemarahan atas pengeboman Turki yang mereka nilai sebagai aksi teror terhadap warga sipil.

“Pendudukan Turki berupaya untuk menyebarkan krisis internalnya ke luar negeri dan menciptakan kemenangan palsu dengan meneror warga sipil dan secara langsung menargetkan mereka dalam kejahatan perang di depan komunitas internasional,”.

"SDF “berkomitmen untuk melindungi rakyat kami dan merespons semua serangan,” bunyi pernyataan itu. 

Sebagai informasi SDF adalah aliansi militer yang sebagian besar terdiri dari milisi Kelompok Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

YPG oleh Turki dianggap sebagai ‘organisasi dan kelompok teroris’.

YPG merupakan bagian dari Partai Pekerja Kurdi (PKK), partai berpaham Komunisme-Marxisme.

Turki sudah meluncurkan operasi militernya ke Suriah utara sejak 2020 silam.

Anggota Pasukan Demokratik Suriah
Anggota Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi mengambil bagian dalam parade militer di ladang minyak Al-Omar yang dilindungi AS di provinsi timur Deir Ezzor pada 23 Maret 2021, menandai ulang tahun kedua pembebasan Baghouz dari kelompok Negara Islam (ISIS).

Aksi Balasan Atas Kematian Tentara

Serangan Turki terjadi sebagai respons atas tewasnya 12 tentara Turki oleh Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara, dalam dua serangan terpisah yang dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu.

Turki dilaporkan sudah menetapkan PKK berstatus sebagai organisasi teroris.

Beberapa hari setelah serangan itu, Ankara mengumumkan serangan terhadap beberapa posisi Kurdi di Suriah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat