androidvodic.com

Berantem di Telepon, Joe Biden Tuntut Netanyahu Cairkan Duit Pajak Palestina - News

Ngotot Saat Bicara di Telepon, Biden Tuntut Netanyahu Cairkan Duit Pajak Palestina

News - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dilaporkan berdebat sengit dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam sebuah pembicaraan lewat telepon.

Laporan Axios pada Kamis (28/12/2023), menyebut kalau perdebatan itu dipicu desakan Biden ke Netanyahu agar Israel mencairkan dana untuk Otoritas Palestina (PA).

"Beiden mengatakan ke Netanyahu kalau keputusan pemerintah Israel untuk menahan dana pajak Palestina setelah pecahnya perang pada tanggal 7 Oktober harus diselesaikan," tulis laporan Axios.

Baca juga: Cueki AS, Israel Mau Gempur Lebanon: Hizbullah Punya 150 Ribu Rudal, IDF Tak Siap Perang Multifront

Mengutip para pejabat AS dan Israel serta “sumber yang mengetahui masalah ini,” Axios melaporkan kalau panggilan telepon antara kedua pemimpin pada Sabtu pekan lalu itu adalah salah satu yang intens dan sengit.

"(pembicaraan dengan Netanyahu itu) Paling sulit dan “membuat frustrasi” bagi Biden sejauh ini sejak awal konflik (perang Gaza)," tulis Axios.

Diketahui, sejatinya pemerintahan Biden di Gedung Putih sangat mendukung pemerintahan Netanyahu di Israel.

Hal itu ditunjukkan dengan percepatan pengiriman senjata dan menolak menerapkan batasan pada penggunaannya di Gaza.

Baca juga: WRSA-I, Gudang Senjata AS di Israel yang Bisa Dipakai Sesuka Hati dan Bayar Belakangan

AS juga tutup mata dan telinga atas kritik luas yang menyebut Israel berusaha membuat Gaza tidak dapat dihuni dan memaksa penduduknya mengungsi ke Mesir dan negara-negara lain, sebagai bagian dari kampanye pembersihan etnis.

Namun Netanyahu menolak mengabulkan permintaan Biden sebagai balasannya.

“Perasaannya adalah, presiden (AS) mengambil risiko demi Bibi [Netanyahu] setiap hari dan ketika Bibi perlu memberikan sesuatu kembali dan mengambil risiko politik, dia tidak bersedia melakukannya,” kata pejabat AS tersebut.

Baca juga: Media Israel Sebut Pembanjiran Terowongan Sukses, Hamas: Dibangun Insinyur, Sudah Diperhitungkan

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak solusi dua negara di mana dalam resolusi itu Palestina diakui sebagai negara merdeka dan tinggal berdampingan dengan Israel mendiami wilayah yang sama.
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak solusi dua negara di mana dalam resolusi itu Palestina diakui sebagai negara merdeka dan tinggal berdampingan dengan Israel mendiami wilayah yang sama. (TC/tangkap layar AP)

Takut Duit Sampai ke Hamas

Lalu apa yang dimaksud Biden kalau Netanyahu harus mencairkan dana yang menjadi hak PA?

Sebagai informasi, Israel mengumpulkan pendapatan pajak bulanan milik Otoritas Palestina (PA) atas impor dan ekspor, dan kemudian mentransfer dana tersebut ke PA.

Namun setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap pangkalan militer dan pemukiman di Israel selatan, pemerintahan Netanyahu memperingatkan, pihaknya tidak akan mengizinkan Otoritas Palestina untuk mentransfer dana yang dialokasikan untuk layanan dan gaji di Jalur Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat