androidvodic.com

Media Asing Soroti Mahasiswa Usir Pengungsi Rohingya di Aceh, Sebut Diskriminasi - News

News - Baru-baru ini beredar video mahasiswa yang melakukan pengusiran terhadap pengungsi Rohingya di Aceh.

Media Qatar, Al Jazeera, dan media Prancis, France24, menerbitkan artikel yang menyoroti pengusiran pengungsi Rohingya dari Aceh.

Sementara media Amerika Serikat (AS), AP News, menulis artikel yang membahas peningkatan jumlah pengungsi Rohingya mendorong protes di depan kantor DPRD Provinsi Aceh pada hari pengusiran pengungsi Rohingya.

Selain itu, media Australia, ABC Net, merilis sebuah opini tentang latar belakang pengusiran paksa pengungsi Rohingya di Aceh.

Selengkapnya, berikut ini rangkuman berita tentang pengusiran pengungsi Rohingya yang diterbitkan oleh media internasional.

Berita pengusiran Rohingya yang diterbitkan oleh Al Jazeera pada Rabu (27/12/2023).
Berita pengusiran Rohingya yang diterbitkan oleh Al Jazeera pada Rabu (27/12/2023). (Al Jazeera)

Baca juga: UNHCR Sebut Kasus Pengusiran Pengungsi Rohingya di Aceh sebagai Upaya Terkoordinasi

1. Al Jazeera: Indonesian students evict Rohingya from shelter demanding deportation

Ratusan mahasiswa di provinsi paling barat Indonesia, Aceh, menyerbu tempat penampungan sementara pengungsi Rohingya , menuntut mereka dideportasi.

Para pengunjuk rasa pada Rabu (27/12/2023), memaksa lebih dari 100 orang Rohingya keluar dari sebuah pusat konvensi di kota Banda Aceh.

“Massa mendobrak barisan polisi dan secara paksa memasukkan 137 pengungsi ke dalam dua truk, dan memindahkan mereka ke lokasi lain di Banda Aceh. Insiden ini membuat para pengungsi terkejut dan trauma,” kata perwakilan Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) di Indonesia.

Badan PBB tersebut menambahkan, serangan itu adalah hasil dari kampanye online yang terkoordinasi mengenai misinformasi dan ujaran kebencian.

Al Jazeera menyebut tindakan tersebut sebagai 'episode terbaru' diskriminasi terhadap kelompok minoritas yang teraniaya di Myanmar, merujuk pada etnis Rohingya.

2. AP News: Students in Indonesia protest the growing numbers of Rohingya refugees in Aceh province

Berita pengusiran Rohingya yang diterbitkan oleh AP News pada Rabu (27/12/2023).
Berita pengusiran Rohingya yang diterbitkan oleh AP News pada Rabu (27/12/2023). (AP News)

Baca juga: Bakamla RI Kerahkan KN Marore ke Perairan Aceh untuk Mencegah Masuknya Pengungsi Rohingya

AP News menerbitkan artikel pada Rabu (27/12/2023), tentang unjuk rasa yang dilakukan para mahasiswa di depan gedung DPRD.

"Sekitar 200 mahasiswa melakukan protes di depan gedung DPRD provinsi di Banda Aceh, ibu kota Aceh, menyerukan kepada anggota parlemen untuk menolak etnis Rohingya, dengan mengatakan bahwa kehadiran mereka akan membawa pergolakan sosial dan ekonomi bagi masyarakat," lapor AP News.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat