androidvodic.com

Rusia Klaim Tangkis Storm Shadow dan 3 Lusin Drone yang Menyasar ke Krimea - News

News -- Rusia mulai kewalahan dengan cara menyerang Ukraina. Volodymyr Zelensky menggunakan penyerangan menggunakan rudal storm shadow pasokan Inggris dipadu dengan puluhan drone.

Sasarannya pun lebih fokus pada dua daerah yang dipercaya sebagai basis militer penyerangan yaitu Krimea dan pabrik amunisi Belgorod.

Rusia mengklaim pada Jumat (5/1/2023) telah menembak sebanyak 3 lusin atau 36 unit drone yang mencoba menyerang Krimea.

Baca juga: Rusia dan Ukraina Saling Bebaskan Tawanan Perang, Pertukaran Terbesar Sejauh Ini

Serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah percobaan serangan rudal ke Sevastopol, di mana pasukan Kiev menggunakan sepuluh proyektil, termasuk “Storm Shadows” yang dipasok Barat.

“Upaya rezim Kiev untuk melakukan serangan teroris dengan kendaraan udara tak berawak dihentikan pada 5 Januari,” kata kementerian itu dalam sebuah buletin dikutip dari Russia Today.

“Sistem pertahanan udara yang bertugas menghancurkan dan mencegat 36 UAV Ukraina di wilayah Republik Krimea dan satu UAV di wilayah Wilayah Krasnodar,” tambah militer.

Menurut media lokal, tidak ada satupun rudal Storm Shadow yang mencapai target yang diinginkan. Namun puing-puing dari proyektil yang hancur menyebabkan beberapa kerusakan properti dan melukai satu warga sipil.

Satu rudal yang jatuh jatuh di kawasan perumahan dekat Universitas Negeri Sevastopol (SevGU) namun tidak meledak. Daerah tersebut telah ditutup agar tim penjinak bom dapat menangani situasi tersebut.

Artileri Ukraina juga menargetkan kota Belgorod di Rusia sekitar waktu yang sama dengan serangan pesawat tak berawak. Sebanyak sepuluh roket berhasil dicegat, setidaknya satu roket menghantam tempat parkir di kawasan pemukiman, memecahkan jendela dan merusak sejumlah mobil. Dua warga sipil dilaporkan terluka.

Baca juga: Rudal Ukraina Kembali Hajar Kota Belgorod Rusia, Trik Zelenskiyy Cari Dukungan Barat

Belgorod telah menjadi sasaran penembakan Ukraina selama tujuh hari berturut-turut sejak sebelum Tahun Baru. Pada hari Sabtu, roket dengan hulu ledak cluster menghantam alun-alun kota, menewaskan 25 warga sipil – termasuk anak-anak – dan melukai 100 lainnya. Moskow menuduh AS dan Inggris membantu merencanakan serangan tersebut.

Lima pesawat pengintai NATO dan sebuah drone telah menyurvei Krimea pada hari Rabu, sementara sebuah pesawat mata-mata Amerika RC-135W sedang berpatroli di Laut Hitam selama serangan rudal pada hari Kamis, menurut lembaga pemikir Rusia Rybar.

Klaim Ukraina

Sementara Pravda memberitakan, serangan Ukraina terhadap fasilitas-fasilitas militer Rusia di Krimea berhasil dengan baik.

Serangan tidak hanya menghancurkan pos komando tetapi juga merusak sistem pertahanan Rusia di semenanjung.

Pasukan Pertahanan Ukraina juga menargetkan penempatan UAV kamikaze Shahed di semenanjung tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat