androidvodic.com

Ini Balasan Hizbullah Atas Tewasnya Pimpinan Hamas Saleh al-Arouri - News

News -- Milisi bersenjata Lebanon, Hizbullah menyatakan telah menembak pos militer Israel dengan 62 roket, sejak hari Sabtu (6/1/2024).

Penembakan tersebut dilakukan saat pertemuan PM Lebanon dengan pejabat Uni Eropa, Josep Borrell.

Borrell mengingatkan kepada Lebanon agar tidak ikut terseret dalam konflik antara Israel melawan Hamas.

Baca juga: Perang Gaza Lawan Hamas Kuras Keuangan Israel, Netanyahu Mau Tutup Puluhan Kantor Pemerintahan

“Sebagai bagian dari respons awal terhadap kejahatan pembunuhan pemimpin besar Sheikh Saleh al-Arouri perlawanan Islam [Hizbullah] menargetkan pangkalan kendali udara Meron dengan 62 jenis rudal,” kata kelompok yang bersekutu dengan Iran dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu atas serangan di Israel utara.

Militer Israel mengatakan sebelumnya bahwa sekitar 40 roket ditembakkan ke pangkalan pengawasan udara Meron dan mereka membalasnya dengan menyerang “sel teroris” yang ikut serta dalam peluncuran tersebut.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan.

Pada hari Sabtu, kelompok Jama'a Islamiya Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menembakkan dua tembakan roket ke Kiryat Shmona di Israel utara.

Hizbullah dan tentara Israel terus saling baku tembak di sepanjang wilayah perbatasan, dengan satu serangan Israel masuk jauh ke dalam wilayah Lebanon dan menghantam sebuah rumah hampir 40 km (25 mil) dari perbatasan, kata koresponden Al Jazeera di Lebanon.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah pada hari Jumat mengatakan seluruh Lebanon akan terekspos jika mereka tidak bereaksi terhadap pembunuhan wakil ketua Hamas al-Arouri dan memperingatkan bahwa mereka “pastinya tidak akan dibiarkan tanpa reaksi dan hukuman”.

Al-Arouri dibunuh dalam dugaan serangan Israel pada hari Selasa di kubu Hizbullah. Nasrallah telah memperingatkan Israel agar tidak memperluas konflik, dengan mengatakan “tidak ada batasan” dan “tidak ada aturan” dalam perjuangan kelompoknya jika Israel memilih untuk melancarkan perang terhadap Lebanon.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pada hari Sabtu bahwa “penting” untuk menghindari eskalasi regional di Timur Tengah.

“Hal ini mutlak diperlukan untuk menghindari Lebanon terseret ke dalam konflik regional,” katanya, juga memperingatkan Israel bahwa “tidak ada yang akan menang dalam konflik regional”.

“Kami melihat intensifikasi baku tembak yang mengkhawatirkan di Jalur Biru,” tambahnya, mengacu pada garis demarkasi saat ini antara kedua negara, sebuah perbatasan yang dipetakan oleh PBB yang menandai garis penarikan pasukan Israel ketika mereka meninggalkan negara tersebut. Lebanon selatan pada tahun 2000.

Baca juga: Israel Nyaris Sepenuhnya Tarik Mundur Pasukan dari Gaza Utara,  Al-Qassam Kepung IDF di Bani Suhaila

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan bahwa setiap pemboman skala besar di Lebanon selatan akan menyebabkan “ledakan komprehensif” di wilayah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat