androidvodic.com

Buntut Hina Perdana Menteri India Narendra Modi, 3 Pejabat Maladewa Diskors - News

News - Buntut menghina Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, tiga orang pejabat Maladewa diskors.

Pemerintah Maladewa menghukum tiga wakil menterinya, setelah mereka melontarkan pernyataan yang menghina Modi di media sosial, dikutip dari Al Jazeera.

Ketiga pejabat itu bernama Malsha Shareef, Mariyam Shiuna, dan Abdulla Mahzoom Majid.

Semuanya bekerja di Kementerian Pemberdayaan Pemuda, Informasi dan Seni.

"Malsha, Mariyam, dan Mahzoom didisiplinkan atas komentar mereka terhadap Modi di media sosial," kata seorang pejabat senior pemerintah kepada Reuters pada hari Minggu (7/1/2024).

Ketiganya menggambarkan Modi sebagai badut, teroris, dan boneka Israel di platform media sosial X.

Mereka mengunggah komentar terhadap video promosi pariwisata Lakshadweep, wilayah Uni India di Laut Arab.

Di Maladewa, beberapa orang memandang kunjungan Modi sebagai upaya untuk menarik wisatawan menjauh dari Maladewa yang populer secara global, yang memiliki 1.192 pulau di Samudera Hindia yang dipenuhi resor mewah.

Menurut laporan media India, Komisi Tinggi India di Maladewa mengangkat masalah ini ke pemerintah Maladewa.

Presiden Maladewa Mohamed Muizzu berbicara pada sesi Segmen Tingkat Tinggi untuk Kepala Negara dan Pemerintahan pada KTT iklim PBB di Dubai pada 1 Desember 2023. Para pemimpin dunia menjadi pusat perhatian pada pembicaraan iklim PBB di Dubai pada 1 Desember, di bawah tekanan untuk meningkatkan upaya membatasi pemanasan global ketika konflik Israel-Hamas membayangi KTT tersebut.
Presiden Maladewa Mohamed Muizzu berbicara pada sesi Segmen Tingkat Tinggi untuk Kepala Negara dan Pemerintahan pada KTT iklim PBB di Dubai pada 1 Desember 2023. Para pemimpin dunia menjadi pusat perhatian pada pembicaraan iklim PBB di Dubai pada 1 Desember, di bawah tekanan untuk meningkatkan upaya membatasi pemanasan global ketika konflik Israel-Hamas membayangi KTT tersebut. (KARIM SAHIB / AFP)

Aktor India Ikut Bereaksi

Beberapa selebriti India termasuk aktor Bollywood dan bintang olahraga menyatakan ketidakpuasan mereka atas pernyataan pejabat Maladewa.

“Menemukan komentar dari tokoh masyarakat terkemuka di Maladewa yang melontarkan komentar penuh kebencian dan rasis terhadap orang India," kata Akshay Kumar, aktor populer India di X.

"Terkejut mereka melakukan hal ini ke negara yang mengirimkan mereka jumlah wisatawan terbanyak,” urai aktor tersebut.

Baca juga: Ditolak di Maladewa, Presiden Sri Lanka Kini Dikabarkan Berada di Negara Tetangga Indonesia

Tanggapan Kementerian Luar Negeri Maladewa

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (7/1/2024), Kementerian Luar Negeri Maladewa mengakui bahwa mereka mengetahui adanya pernyataan yang menghina di platform media sosial terhadap para pemimpin asing dan individu berpangkat tinggi.

“Pendapat ini bersifat pribadi dan tidak mewakili pandangan Pemerintah Maladewa,” kata pernyataan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat