androidvodic.com

Jerman Setuju Penjualan Jet Eurofighter ke Arab Saudi karena Saudi Bantu Membendung Konflik Meluas - News

Jerman Setuju Penjualan Jet Eurofighter ke Arab Saudi karena Saudi Bantu Membendung Konflik Meluas ke Regional

News- Jerman menyetujui penjualan jet Eurofighter ke Kerajaan Saudi Arabia karena Kerajaan Arab Saudi (KSA) merupakan kontributor utama keamanan Israel dan membantu membendung risiko konflik meluas menjadi konflik regional.

Disinyalir, persetujuan Jerman untuk menyetujui penjualan jet Eurofighter ke Kerajaan Saudi Arabia ini terkait pula dengan masalah keamanan Israel. Arab Saudi menurut media Jerman, telah mencegat rudal-rudal Houthi yang ditembakkan ke Israel.

Arab Saudi belum secara terbuka menunjukkan dukungannya terhadap kasus pengadilan internasional Afrika Selatan terhadap kejahatan perang Israel di Gaza.

Berbicara kepada wartawan pada 7 Januari, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan bahwa Jerman tidak akan menentang penjualan jet Eurofighter Typhoon ke Arab Saudi.

“Pemerintah Jerman tidak akan menentang gagasan Inggris memberikan lebih banyak Eurofighter ke Arab Saudi,” katanya kepada wartawan.

“Arab Saudi adalah kontributor utama keamanan Israel dan membantu membendung risiko konflik regional.”

Baca juga: Jerman Setuju Penjualan Jet Eurofighter ke Arab Saudi, Baerbock: Mereka Kontributor Keamanan Israel

Baca juga: Banyak Sipil Jadi Korban Israel, Jerman Ajari Israel Cara Perang di Gaza, Begini Kata Menlu Jerman

Baerbock mencatat bahwa alasan mengapa negara Jerman tidak menentang penjualan jet tempur ke Arab Saudi adalah karena kontribusi Kerajaan tersebut terhadap pertahanan keamanan Israel dengan menjatuhkan rudal yang ditembakkan dari Yaman terhadap Israel. “Dunia, khususnya di Timur Tengah, telah menjadi tempat yang sangat berbeda sejak 7 Oktober,” tambah Baerbock.

Kanselir Olaf Scholz sebelumnya menentang penjualan jet tempur tersebut ke Arab Saudi dengan dukungan dari mitra koalisinya, Partai Hijau, di mana Baerbock menjadi anggotanya, dengan alasan masalah hak asasi manusia dan peran Kerajaan Arab Saudi dalam perang Yaman.

Arab Saudi belum secara terbuka mendukung kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) dan, selain menolak “Nakba kedua” Israel, baru-baru ini bungkam mengenai masalah Palestina.

Bulan lalu, Afrika Selatan mengajukan tuntutan terhadap Israel atas tindakannya di Gaza, dengan mengatakan bahwa tindakan tersebut “bersifat genosida karena dimaksudkan untuk menghancurkan sebagian besar kelompok nasional, ras, dan etnis Palestina.”

Berbicara di media sosial, dan mengacu pada diamnya beberapa negara Arab, pejabat Hamas Sami Abu Zuhri berkata:

“Kami berharap akan ada solusinya, jika tidak maka diamnya negara ini akan menjadi mandat bagi pendudukan untuk memberantas apa yang tersisa di Gaza.”

Pada bulan Juli tahun lalu, pemerintah Jerman berselisih mengenai penjualan jet Eurofighter ke Arab Saudi dan UEA, dan menghadapi tekanan dari Inggris untuk mengizinkan penjualan tersebut dilanjutkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat