androidvodic.com

Pasukan Israel Diduga Terapkan Protokol Hannibal, 12 Sandera Tewas Terkena Tembakan Tank IDF - News

News - Media Israel Haaretz, menuntut penyelidikan atas tewasnya sandera warga Israel akibat tembakan tank IDF di dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, Anadolu Agency melaporkan, Senin (8/1/2024).

Setidaknya 12 sandera yang disandera oleh pejuang Hamas tewas ketika sebuah tank Israel menembakkan dua peluru ke sebuah rumah di pemukiman Be’eri pada 7 Oktober lalu, menurut Haaretz.

“Tidak ada tuntutan yang lebih bisa dibenarkan selain permintaan keluarga orang-orang yang terbunuh dalam insiden penyanderaan di Kibbutz Be’eri untuk menyelidiki tindakan tentara dan menerima jawaban mengenai kematian orang yang mereka cintai,” tulis Haaretz dalam sebuah laman editorial.

Surat kabar tersebut meminta tentara Israel untuk memberikan penjelasan mengenai tindakan tentara Israel selama serangan terhadap pemukiman tersebut.

Dikatakan bahwa penyelidikan akan membantu menjelaskan apakah Protokol Hannibal, diterapkan selama serangan itu.

Protokol Hannibal menyatakan bahwa orang Israel yang mati lebih baik daripada tawanan yang ditahan musuh.

Seorang tentara Israel memeriksa salah satu tank tempur yang dikerahkan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza dan Israel selatan pada 2 Januari 2024, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas.
Seorang tentara Israel memeriksa salah satu tank tempur yang dikerahkan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza dan Israel selatan pada 2 Januari 2024, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (JACK GUEZ / AFP)

Menurut media Israel, Protokol Hannibal adalah arahan militer Israel yang mengatur bagaimana unit lapangan harus bertindak ketika seorang tentara ditangkap oleh pasukan musuh.

Dikatakan bahwa protokol tersebut dirancang pada tahun 1986 tetapi dibatalkan pada tahun 2016 berdasarkan keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Israel saat itu, Gadi Eisenkot.

Eisenkot saat ini menjabat sebagai menteri di Dewan Menteri Militer.

Haaretz juga mengatakan bahwa melakukan penyelidikan akan membantu memperjelas apakah protokol militer ini benar digunakan terhadap sandera Israel yang ditahan oleh Hamas di Jalur Gaza.

Hamas diyakini menyandera hampir 136 warga Israel di wilayah yang diblokade setelah serangannya pada 7 Oktober.

Baca juga: Suaminya Didemo Besar-besaran, Sarah Netanyahu Dibentak-bentak Saat Bertemu Keluarga Sandera Israel

Israel telah melancarkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 23.084 warga Palestina dan melukai 58.926 lainnya, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Sementara itu hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

Namun, sejak saat itu, Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh pasukan Perlawanan Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat