androidvodic.com

Jurnalis Australian Broadcasting Corporation Dipecat Gara-gara Postingan yang Membela Palestina - News

Jurnalis Australian Broadcasting Corporation (ABC) Dipecat Gara-gara Postingan Pro-Palestina

News- Seorang jurnalis Australian Broadcasting Corporation (ABC) Dipecat Gara-gara Postingan Pro-Palestina. Pelobi Israel memecat jurnalis ABC karena dia membagikan sebuah postingan pro-Palestina. Sebuah kampanye kolektif yang dikoordinasikan oleh sebuah kelompok Israel telah melobi untuk pemecatan seorang jurnalis Australian Broadcasting Corporation (ABC) karena menyebarkan postingan pro-Palestina.

Sebuah laporan yang dikeluarkan pada hari Selasa mengungkapkan bahwa kampanye kolektif yang dikoordinasikan oleh sebuah kelompok Israel melobi untuk pemecatan seorang jurnalis Australian Broadcasting Corporation (ABC), yang memprovokasi staf internal dan memicu ancaman pemogokan jika menghadapi pemecatan sewenang-wenang.

Antoinette Lattouf, seorang penulis pemenang penghargaan untuk ABC, dipecat setelah membagikan postingan tentang bagaimana "Israel" mempersenjatai kelaparan terhadap warga Palestina di Gaza, yang awalnya diposting oleh Human Rights Watch (HRW).

“ABC memecat penyiar Antoinette Lattouf setelah kampanye penulisan surat tingkat tinggi dan terkoordinasi dari pelobi pro-Israel yang secara langsung menargetkan ketua perusahaan tersebut, Ita Buttrose, dan direktur pelaksana David Anderson,” kata tabloid The Sydney Morning Herald, menambahkan bahwa puluhan kebocoran pesan WhatsApp dari obrolan grup Israel disajikan sebagai bukti.

Laporan tersebut menambahkan bahwa pelobi mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap ABC jika kontrak Lattouf tidak diputus.

Lattouf, di sisi lain, mengambil tindakan hukum terhadap organisasi tersebut atas penghentian yang salah. Dia mengatakan tindakan yang diambil terhadapnya bukanlah kemenangan jurnalisme atau kebebasan berfikir.

Baca juga: Dua Lipa Bela Palestina, Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Desak Para Pemimpin Dunia Ambil Tindakan

ABC membela Anderson, membebaskannya dari semua tuduhan, dan mengklaim bahwa Lattouf dipecat karena tidak mematuhi instruksi perusahaan dan membagikan postingan kontroversial dari HRW.

Setelah kejadian tersebut, sekitar 80 anggota staf meminta untuk bertemu dengan Anderson yang menentang kebijakan ABC.

Direktur HRW di Asia, Elaine Pearson, juga mengecam kebijakan ABC, dan mendukung X untuk membela Lattouf dan jurnalisme etis.


Suara-suara pro-Palestina Diredam

Suara-suara pro-Palestina telah dibungkam dengan penghentian yang melanggar hukum di seluruh dunia.

Baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman mengungkapkan keprihatinannya mengenai ketidaknyamanan yang dirasakan oleh anggota komunitas Muslim dan Arab dalam industri teknologi ketika mendiskusikan pengalaman mereka baru-baru ini, yang tampaknya menyinggung dampak perang yang sedang berlangsung di Gaza.

“Rekan-rekan Muslim dan Arab (terutama Palestina) di komunitas teknologi yang saya ajak bicara merasa tidak nyaman berbicara tentang pengalaman mereka baru-baru ini, sering kali karena takut akan pembalasan dan merusak prospek karier,” kata Altman dalam sebuah postingan di X.

Menurut The Guardian, banyak upaya untuk menekan pandangan pro-Palestina telah terjadi di AS setelah dimulainya Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober.

Konferensi-konferensi besar dibatalkan, para pekerja yang menyatakan simpati terhadap warga Palestina dipecat, dan upaya intimidasi yang menargetkan suara-suara Arab-Amerika yang kritis terhadap kebijakan Israel diluncurkan.

(Sumber: almayadeen)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat