androidvodic.com

NATO Siap-siap Perang Besar Hadapi Rusia Cs, Kerahkan 90.000 Tentara, Latihan Bersama 31 Negara - News

Siap-siap Perang Besar Hadapi Rusia, NATO Kerahkan 90.000 Tentara untuk Latihan Terbesar 31 Negara

News- NATO mengerahkan 90.000 tentara untuk latihan terbesar sejak Perang Dingin. Aliansi militeristik yang dipimpin AS mengatakan latihan besar-besaran ini akan mempersiapkan 31 negara anggotanya menghadapi kemungkinan konflik dengan 'Rusia dan teroris'.

Pejabat NATO mengumumkan pada tanggal 18 Januari bahwa seluruh anggotanya yang berjumlah 31 negara anggota dan kandidat anggota Swedia minggu depan akan meluncurkan latihan militer “Steadfast Defender 2024”, yang akan berlangsung hingga Mei dan melibatkan sekitar 90.000 tentara, setidaknya 1.100 kendaraan tempur, 80 pesawat tempur, dan 50 kapal perang.

“Latihan Steadfast Defender 2024 akan menjadi latihan NATO terbesar dalam beberapa dekade, dengan partisipasi sekitar 90.000 pasukan dari 31 Sekutu dan mitra baik kami Swedia,” kata Komandan Tertinggi Sekutu Eropa (SACEUR) Jenderal Christopher Cavoli pada hari Kamis.

Pejabat AS menekankan bahwa latihan besar-besaran tersebut akan menunjukkan kemampuan [NATO] untuk memperkuat kawasan Euro-Atlantik melalui pergerakan pasukan trans-Atlantik dari Amerika Utara” dan bahwa pasukan tersebut akan mensimulasikan skenario konflik yang muncul melawan musuh yang setara.

Baca juga: Kerahkan 90.000 Tentara, NATO akan Gelar Latihan Terbesar sejak Perang Dingin

Ketua Komite Militer NATO, Laksamana Belanda Rob Bauer, menegaskan bahwa latihan tersebut akan mempersiapkan aliansi militeristik pimpinan AS “untuk menghadapi konflik dengan Rusia” dan aktor non-negara jika mereka menyerang negara NATO.

“Kami tidak mencari konflik apa pun, namun jika mereka menyerang kami, kami harus siap,” tambah Bauer.

Dalam pengumuman terpisah, blok tersebut mengatakan bahwa latihan tersebut akan menunjukkan kemampuan NATO untuk “melakukan dan mempertahankan operasi multi-domain yang kompleks selama beberapa bulan, dalam jarak ribuan kilometer, dari High North hingga Eropa Tengah dan Timur, dan dalam kondisi apa pun.”

Awal pekan ini, Inggris mengungkapkan akan mengirim 20.000 personel angkatan bersenjata untuk berpartisipasi dalam latihan NATO, sementara media Jerman mengklaim Berlin “bersiap menghadapi permusuhan dengan Rusia,” yang diperkirakan akan terjadi pada awal musim panas 2025.

Terakhir kali NATO mengadakan latihan dengan ukuran serupa adalah selama Perang Dingin pada tahun 1988, dengan 125.000 peserta. Sekutu Barat menyetujui latihan Steadfast Defender 2024 pada pertemuan puncak mereka baru-baru ini di ibu kota Lituania.

Mobilisasi massal pasukan NATO terjadi ketika bantuan Barat untuk perang di Ukraina terus berkurang dan upaya pimpinan AS untuk secara paksa menekan dukungan bagi warga Palestina di Gaza menemui jalan buntu.

50 Kapal, 80 Jet Tempur, 1.100 Kendaraan Tempur Termasuk 133 Tank

NATO akan meluncurkan latihan militer terbesarnya dalam beberapa dekade pada minggu depan dengan sekitar 90.000 personel akan mengambil bagian dalam latihan berbulan-bulan yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa aliansi tersebut dapat mempertahankan seluruh wilayahnya hingga perbatasannya dengan Rusia, kata para pejabat tinggi.

Latihan tersebut – yang dijuluki Steadfast Defender 24 – “akan menunjukkan bahwa NATO dapat melakukan dan mempertahankan operasi multi-domain yang kompleks selama beberapa bulan, melintasi ribuan kilometer (mil), dari High North hingga Eropa Tengah dan Timur, dan dalam kondisi apa pun.” kata organisasi beranggotakan 31 negara itu.

Lebih dari 50 kapal mulai dari kapal induk hingga kapal perusak akan ambil bagian, serta lebih dari 80 jet tempur, helikopter dan drone dan setidaknya 1.100 kendaraan tempur termasuk 133 tank dan 533 kendaraan tempur infanteri, kata NATO.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat