androidvodic.com

Dua Jam Houthi Lepaskan Rentetan Rudal Balistik, Satu Hantam Kapal Perang AS, Kapal Kawalan Mundur - News

Dua Jam Houthi Lepaskan Rentetan Rudal Balistik, Satu Hantam Kapal Perang AS, Kapal Kawalan Mundur

News - Kelompok milisi Yaman, Ansarallah (Houthi) dilaporkan melancarkan serangkaian serangan rudal balistik mereka ke arah kapal perang Amerika Serikat di Laut Merah, Rabu (24/1/2024) sore.

Dari rentetan rudal balistik yang diluncurkan, juru bicara Houthi menyebut, satu rudal mengenai kapal perusak AS.

Baca juga: Mitos Saktinya IDF Runtuh, Hamas: Mesir Bakal Melawan, Tak Ada Happy Ending Buat Israel di Gaza

Serangan itu memaksa dua kapal komersial milik AS yang dikawal mundur, kata juru bicara Houthi.

Namun Komando Pusat AS mengklaim kalau semua rudal Houthi yang datang ke arah kapal mereka telah ditembak jatuh.

Seperti diketahui, kelompok Syiah yang menguasai bagian barat Yaman – termasuk ibu kota, Sanaa – telah melancarkan serangan ke kapal-kapal yang terkait dengan Israel sejak akhir Oktober, untuk mendukung perlawanan Palestina di Gaza menghadapi agresi militer Israel.

Baca juga: Laut Merah Makin Menyala, Milisi Irak Gabung Houthi Yaman: Adang Hingga Pelabuhan Israel Mati Total

Kapal Perang Amerika Serikat. AS dilaporkan menenggelamkan Kapal Yaman sebagai sinyal pecahnya perang Laut Merah.
Kapal Perang Amerika Serikat. AS dilaporkan menenggelamkan Kapal Yaman sebagai sinyal pecahnya perang Laut Merah. ((Photo credit: U.S. Naval Forces Europe-Africa via AP))

Dua Jam Pertempuran

Setelah pasukan Inggris dan Amerika mengebom Yaman awal bulan ini, Houthi juga memperluas serangan dan blokade Laut Merah terhadap kapal dagang Amerika dan Inggris.

“Bentrokan terjadi hari ini dengan sejumlah kapal perusak dan kapal perang Amerika di Teluk Aden dan Bab al-Mandab, sementara kapal-kapal tersebut memberikan perlindungan bagi dua kapal komersial Amerika,” kata juru bicara Houthi Yahya Saree dalam sebuah pernyataan dikutip Kamis (25/1/2024).

"Selama bentrokan dua jam tersebut, “serangan langsung terhadap kapal perang Amerika” menyebabkan kedua kapal dagang mundur, tambah Saree.

“Sejumlah rudal balistik kami mencapai sasarannya meskipun ada upaya kapal perang untuk mencegatnya.”

Namun CENTCOM, yang bertanggung jawab atas pasukan koalisi AS di wilayah tersebut, memiliki catatan berbeda mengenai kejadian tersebut.

AS yang melabeli Houthi sebagai teroris yang didukung Iran menyatakan tak ada rudal kelompok tersebut yang menyasar kapal.

"Houthi menembakkan tiga rudal balistik anti-kapal dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi ke arah kapal kontainer M/V Maersk Detroit yang berbendera, dimiliki, dan dioperasikan AS, yang sedang transit di Teluk Aden,” kata militer AS pada Selasa dalam unggahan di X (sebelumnya Twitter).

”Satu rudal menghantam laut. Dua rudal lainnya berhasil dilibatkan dan ditembak jatuh oleh USS Gravely,” tambah CENTCOM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat