androidvodic.com

Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola Melintasi Dekat Bumi Jumat 2 Februari, Tak Ada Risiko Tabrakan - News

Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola Melintasi Dekat Bumi Jumat 2 Februari, Tak Ada Risiko Tabrakan

News- Sebuah asteroid  seukuran lapangan sepak bola, sedang meluncur mendekati Bumi, kata NASA.

Asteroid bernama Asteroid 2008 OS7 yang berpotensi berbahaya seukuran lapangan sepak bola menuju Bumi, kata NASA.

NASA mengatakan asteroid yang berpotensi berbahaya sebesar lapangan sepak bola sedang menuju ke Bumi.

Sebuah asteroid, yang dianggap berpotensi berbahaya oleh NASA dan ukurannya sebanding dengan lapangan sepak bola, saat ini sedang menuju ke Bumi.

Asteroid yang diberi nama 2008 OS7 ini memiliki diameter sekitar 890 kaki dan diperkirakan melewati planet kita pada jarak aman 1.770.000 mil pada pukul 14.41 (GMT) Jumat sore ini (2 Februari).

Meski jaraknya dekat, tidak ada risiko tabrakan dengan bumi. NASA mengklasifikasikan asteroid sebagai berpotensi berbahaya jika ukurannya melebihi sekitar 460 kaki (140 meter) dan memiliki orbit yang menempatkannya dalam jarak 4,6 juta mil (7,5 juta kilometer) dari orbit Bumi mengelilingi Matahari.

Dr Minjae Kim, Peneliti Departemen Fisika, Universitas Warwick, mengatakan, “OS7 2008, sebuah asteroid sangat kecil yang orbitnya bersinggungan dengan Bumi, telah diklasifikasikan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya (PHA)".

Ia menambahkan: “Kita tidak perlu terlalu khawatir karena asteroid ini tidak akan memasuki atmosfer bumi, namun akan tetap mendekati bumi. Terdapat lebih dari jutaan asteroid di tata surya kita, dan sekitar 2.350 asteroid di antaranya telah diklasifikasikan sebagai PHA (Berpotensi berbahaya). Pendekatan signifikan berikutnya ke Bumi oleh PHA adalah 99942 Apophis pada 14 April 2029.”

Asteroid 2008 OS7 menyelesaikan orbit mengelilingi matahari setiap 962 hari (2,63 tahun Bumi).

Baca juga: NASA Mulai Analisis Sampel Asteroid Bennu, Diperkirakan akan Tabrak Bumi 150 Tahun Lagi

Seukuran Gedung Empire State

NASA mengatakan Asteroid seukuran Gedung Empire State akan melewati Bumi pada Hari Jumat.

"Asteroid besar yang berpotensi berbahaya" selebar gedung Empire State Building akan meluncur melewati Bumi pada hari Jumat.

Asteroid ini, bernama 2008 OS7, diperkirakan berukuran antara 690 dan 1.570 kaki, menurut data dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) NASA. Menara Eiffel tingginya sekitar 980 kaki, sedangkan Empire State Building tingginya 1.250 kaki.

Asteroid ini akan melewati Bumi pada jarak sekitar 0,01908 unit astronomi atau sekitar 1,77 juta mil. Sebagai referensi, bulan mengorbit pada jarak 240.000 mil, sedangkan planet tetangga kita, Venus, berjarak 38 juta mil pada titik terdekatnya.

Asteroid 2008 OS7 akan melakukan penerbangan terdekatnya pada sore hari tanggal 2 Februari dan akan melewati Bumi dengan kecepatan sekitar 18,2 km/s, atau 40.700 mph. Sebagai perbandingan, peluru yang melaju kencang dapat melaju dengan kecepatan antara 600 dan 2.000 mph.

Asteroid adalah bongkahan batuan sisa pembentukan tata surya yang sebagian besar ditemukan di Sabuk Asteroid antara Mars dan Jupiter.

Sebagian besar asteroid ini berukuran cukup kecil, namun ada pula yang berukuran sangat besar: yang terbesar bernama Ceres dan lebarnya sekitar 600 mil. Kadang-kadang, gravitasi atau tabrakan Jupiter akan melemparkan salah satu asteroid ini ke bagian dalam tata surya, membuat mereka meluncur melewati Bumi.

(Sumber: nationalworld, newsweek)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat