androidvodic.com

18 Militan Pro-Iran Tewas usai Serangan Balasan AS Hantam Pangkalan di Suriah dan Irak - News

News - Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara Amerika Serikat (AS) menewaskan 18 anggota militan pro-Iran di Suriah pada Jumat (2/2/2024) sore.

Jumlah korban jiwa dan terluka kemungkinan akan bertambah seiring berlangsungnya proses evakuasi di wilayah Suriah dan Irak.

AS melakukan serangan balasan menggunakan pesawat tempur di lokasi sepanjang sekitar 130 kilometer dari kota Deir ez-Zor hingga perbatasan Suriah-Irak, melewati Al-Mayadeen.

Setidaknya 26 situs penting militan Iran menjadi sasaran di Suriah.

Jumlah tersebut termasuk dalam 85 sasaran di tujuh wilayah di Suriah dan Irak, yang menjadi sasaran AS terhadap militan pro-Iran.

Termasuk markas komando dan kontrol, pusat intelijen, roket dan rudal, lokasi penyimpanan drone, amunisi, serta fasilitas lain.

AS mengebom Kota Al-Mayadeen, situs-situs di lingkungan Al-Tammu dan pangkalan Ain Ali dekat Kastil Al-Rahba, Al-Shibli, lingkungan sekitar Al-Haidariyah, dan silo gandum.

Di Albukamal, dekat perbatasan Suriah-Irak, beberapa lokasi di Al-Hajjana dan Al-Hari juga menjadi sasaran.

Sementara itu di Kota Deir ez-Zor, AS menargetkan bekas Sekolah Tinggi Pendidikan di dekat radar, Pusat Medis Harabesh, Hawija Sakr, dan gudang Ayyash, dikutip dari Sky News.

Mengapa AS Serang Militan di Suriah dan Irak?

AS sebelumnya berjanji akan membalas serangan drone dari militan Perlawanan Islam di Irak yang menewaskan tiga tentara AS di Menara 22 di pangkalannya di Yordania pada Minggu (28/1/2024).

Mereka adalah Sersan William Jerome Rivers (46) dari Carrollton, Georgia; Spc Kennedy Ladon Sanders (24) dari Waycross, Georgia; Spc Breonna Alexsondria Moffett (23) dari Savannah, Georgia.

Baca juga: AS Mulai Lancarkan Serangan di Irak dan Suriah, 85 Sasaran jadi Target, Gedung Putih: Baru Awalan

Ketiganya ditugaskan ke Kompi Insinyur ke-718, Batalyon Insinyur ke-926, Brigade Insinyur ke-926, Fort Moore, Georgia.

Selain itu, 40 tentara AS terluka dalam serangan itu.

AS menuduh Iran mendalangi serangan militan terhadap tentaranya di Menara 22 di Yordania.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat