androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-712, Toko Roti di Moskow Dibombardir Peluru, 28 Orang Tewas - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-712 pada Senin (5/2/2024).

Rusia mengatakan 28 orang, termasuk satu anak, tewas dalam penembakan hari Sabtu (3/2/2024) di sebuah toko roti di kota Lysychansk, Ukraina timur.

Kota Lysychansk merupakan wilayah yang berada pendudukan Rusia.

Sebanyak 10 orang lainnya berhasil diselamatkan dari bawah reruntuhan oleh layanan darurat, menurut para pejabat.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-712:

  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengaku sedang mempertimbangkan untuk mengganti beberapa pejabat senior – dan tidak hanya di militer.

    Hal ini terjadi di tengah spekulasi bahwa presiden akan memecat komandan militer Ukraina, Valerii Zaluzhnyi.

    “Ini adalah pertanyaan dari orang-orang yang akan memimpin Ukraina,” kata Zelensky kepada TV Italia, ketika ditanya tentang Zaluzhnyi.

    “Reset itu perlu, saya bicara soal pergantian sejumlah pemimpin negara,” ujarnya.

    Komentarnya muncul setelah Zelensky mengunjungi pasukan Ukraina di garis depan tenggara untuk membagikan medali.
  • Zelensky memanfaatkan kunjungan tersebut untuk mengumumkan walikota baru wilayah garis depan Zaporizhzhia, Ivan Federov.

    Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-711, Pilot Pembom Tu-95 Ditembak di Kota Engels Moskow

    Federov pernah diculik oleh Rusia dan sebelumnya menjabat sebagai walikota Melitopol yang kini diduduki sementara sejak Desember 2020.
  • Lebih dari dua lusin orang, sebagian besar jurnalis, ditahan pada hari Sabtu (3/2/2024) dalam sebuah protes di pusat kota Moskow.
  • Istri dan kerabat prajurit Rusia lainnya yang dimobilisasi untuk berperang di Ukraina, menyerukan agar pasangan mereka pulang, menurut seorang saksi Reuters dan laporan berita independen Rusia.
  • Belgia meminta negara-negara G7 untuk mempertimbangkan penggunaan €260 miliar aset-aset Rusia yang disita oleh negara-negara Barat sebagai jaminan pinjaman ke Ukraina, menurut sebuah laporan di Financial Times.

    Hal ini akan menghindari pertanyaan seputar legalitas penyitaan aset secara langsung, seperti yang juga telah dipertimbangkan oleh sekutu Ukraina, menurut surat kabar tersebut.
  • Kosmonot Rusia, Oleg Kononenko memecahkan rekor dunia untuk jumlah total waktu yang dihabiskan di luar angkasa pada hari Minggu (4/2/2024).

    Pada pukul 8:30 GMT, Kononenko menyalip rekan senegaranya Gennady Padalka yang mencatat lebih dari 878 hari di orbit, menurut perusahaan luar angkasa Rusia, Roscosmos.

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat