androidvodic.com

China, Iran, dan Rusia Mengutuk Serangan AS ke Suriah dan Irak, Rusia Anggap AS 'Provokator' Konflik - News

China, Rusia, dan Iran Mengutuk Serangan AS ke Suriah dan Irak, Anggap AS 'Provokator' Konflik

News- China mengutuk serangan Amerika Serikat ke Suriah dan Irak. Rusia dan Iran juga mengutuk serangan tersebut, dan mengatakan bahwa AS berupaya untuk lebih meningkatkan konflik di wilayah tersebut

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin pada tanggal 5 Februari menyuarakan kecamannya atas serangan AS baru-baru ini terhadap Suriah dan Irak, dan menekankan bahwa keamanan dan kedaulatan semua negara harus dihormati.

“Suriah dan Irak adalah negara berdaulat,” kata Wenbin. “Tiongkok menentang segala tindakan yang melanggar Piagam PBB dan melanggar kedaulatan dan keamanan wilayah negara lain. Situasi saat ini di Timur Tengah sangat kompleks dan sensitif.”

“Tiongkok mendesak pihak-pihak terkait untuk sungguh-sungguh mematuhi hukum internasional, tetap tenang, menahan diri, dan mencegah ketegangan di kawasan meningkat atau bahkan tidak terkendali,” lanjutnya.

Selain Tiongkok, Rusia juga mengutuk serangan AS. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova mengatakan bahwa Washington berupaya meningkatkan ketegangan di kawasan.

“Jelas bahwa serangan udara tersebut secara khusus dimaksudkan untuk semakin meningkatkan konflik,” kata Zakharova.

“Dengan terus-menerus menyerang fasilitas yang diduga milik kelompok pro-Iran di Irak dan Suriah, Amerika Serikat dengan sengaja berusaha menarik negara-negara terbesar di kawasan ini ke dalam konflik.”

Baca juga: Rusia-China Sebut Serangan Udara Amerika ke Irak dan Suriah Perburuk Kondisi di Timur Tengah

Moskow juga telah meminta pertemuan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) untuk membahas tindakan Washington di wilayah tersebut.

Hal ini terjadi setelah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengecam serangan tersebut, dan menggambarkannya sebagai “kesalahan strategis.”

“Belum lagi dukungan penuh Amerika Serikat selama empat bulan atas serangan brutal dan tanpa henti yang dilakukan rezim Zionis terhadap penduduk Gaza dan Tepi Barat, serta serangan militer terhadap Yaman dan pelanggaran terhadap integritas dan kedaulatan wilayah negara ini" kata Kanaani.

"Serangan tadi malam terhadap Suriah dan Irak merupakan satu lagi langkah petualangan dan kesalahan strategis yang dilakukan pemerintah AS, yang tidak akan menghasilkan apa-apa selain peningkatan ketegangan dan ketidakstabilan di kawasan,” kata Kanaani.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa serangan terhadap Suriah, Irak, dan Yaman adalah untuk menjamin kepentingan Israel di wilayah tersebut.

Pada tanggal 3 Februari, AS melakukan serangan udara terhadap 85 lokasi di wilayah perbatasan yang menghubungkan Irak dan Suriah, yang diklaim oleh Komando Pusat AS (CENTCOM) sebagai milik "Garda Revolusi Iran dan sekutunya di Irak dan Suriah."

Pada tanggal 4 Februari, anggota parlemen Irak Mustafa Sanad mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "Setiap kali berita dari Gedung Putih mengklaim bahwa serangan udara AS ditujukan terhadap faksi bersenjata yang didukung Iran yang menargetkan pangkalan AS di wilayah tersebut, dan bahwa serangan udara ini efektif, pastikan itu adalah berita palsu. Semua serangan ditujukan pada pasukan nasional Irak yang terkait dengan Pasukan Mobilisasi Populer, sebuah entitas resmi pemerintah."

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat