androidvodic.com

Rayakan Imlek, Pemerintah Malaysia Gratiskan Akses Tol bagi Warganya yang Ingin Mudik - News

News - Menyambut datangnya Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024 mendatang, Pemerintah Malaysia menerbitkan sebuah kebijakan yang menggembirakan.

Selama perayaan Imlek ini, para pengguna jalan raya yang menggunakan kendaraan pribadi (Kelas 1) bakal diberikan fasilitas tol gratis.

Fasilitas akses tol gratis tersebut berlaku selama dua hari sebelum jatuhnya perayaan Tahun Baru Imlek yakni pada 8 sampai 9 Februari 2024.

Dikutip Tribunnews dari Astro Awani, Kebijakan ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Alexander Nanta Linggi pada Rabu (7/2/2024).

Mulai besok, Alexander mengatakan masyarakat mulai bisa menikmati kebijakan pembebasan biaya tarif tol tersebut.

Kebijakan ini dimulai pada pukul 12.01 tengah malam pada 8 Februari hingga pukul 11.59 malam pada 9 Februari.

Akses bebas tarif ini diberikan di semua gerbang tol kecuali di perbatasan nasional, yaitu Gerbang Tol Bangunan Sultan Iskandar (BSI) dan Gerbang Tol Tanjung Kupang, Johor.

"Pemberian tol gratis oleh pemerintah ini adalah tanda kepedulian dan keinginan yang sama dari pemerintah untuk berbagi kebahagiaan dengan rakyat Malaysia yang merayakan Tahun Baru Imlek kali ini," ujar Alexander.

"Pendekatan memberikan tol gratis sesuai dengan aspirasi Pemerintah Bersatu yang berfokus pada kesejahteraan rakyat dan selalu membantu mengurangi biaya hidup rakyat," sambungnya.

Kebijakan tersebut juga sudah disetujui dalam Rapat Kabinet hari ini dan pemerintah menghitung setidaknya implikasi keuangan dari kebijakan tol gratis diperkirakan mencapai RM 42,99 juta atau Rp 141 Milyar.

Alexander mengatakan kebijakan ini juga diharapkan mendorong para pengguna jalan raya yang melakukan mudik Imlek dapat merencanakan perjalanan mereka dan mematuhi jadwal perjalanan yang direkomendasikan pemerintah (TTA) selama periode yang bersangkutan.

Baca juga: 6 Tradisi Perayaan Imlek yang Unik dan Populer di Indonesia, Tak Hanya Bagi-bagi Angpao

Ia juga mengingatkan dengan akses gratis tersebut, masyarakat Malaysia diminta tetap disiplin mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di jalur tol.

"Aspek keselamatan dan berkendara dengan aman harus diperhatikan sehingga semua pengguna jalan raya dapat mencapai tujuan mereka dengan aman dan perayaan Tahun Baru Imlek ini akan lebih bermakna dengan keluarga tercinta mereka," ungkap Alexander.

Pengguna jalan raya juga disarankan untuk memeriksa status terkini lalu lintas atau kejadian di jalan raya melalui halaman media sosial resmi Otoritas Jalan Malaysia di Facebook atau aplikasi X @LLMtrafik.

(News/Bobby Wiratama)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat