androidvodic.com

Jet-jet Tempur Israel Bombardir Rafah yang Penuh Pengungsi, 40 Serangan, 100 Warga Sipil Tewas - News

Jet-jet Tempur Israel Bombardir Rafah yang Penuh Pengungsi, 40 Serangan, 100 Warga Sipil Tewas

News- Jet Israel menyerang kota Rafah yang padat penduduk di Gaza selatan pada Senin dini hari tanggal 12 Februari 2024 dengan sekitar 40 serangan udara yang menewaskan lebih dari 100 warga Palestina dan melukai ratusan lainnya.

Bom dijatuhkan di banyak rumah, masjid, dan rumah sakit. Serangan udara tersebut disertai dengan penembakan artileri yang intens dan pemboman angkatan laut oleh angkatan laut Israel.

Direktur Rumah Sakit Kuwait di Rafah, Suhaib al-Hams, mengatakan kepada WAFA bahwa rumah sakit tersebut kewalahan menangani pasien dalam kondisi kritis dan mengatakan bahwa fasilitas tersebut kekurangan obat-obatan dan persediaan yang memadai.

“Serangan tentara pendudukan Nazi terhadap kota Rafah malam ini … yang [telah] merenggut nyawa lebih dari seratus martir sejauh ini, dianggap sebagai kelanjutan dari perang genosida dan upaya pemindahan paksa yang dilakukan terhadap rakyat Palestina,” kata Hamas dalam siaran persnya, Senin.

Baca juga: Hanya Mesir yang Bisa Hentikan Pembantaian Warga Gaza yang Terjadi di Rafah, Kata Pejabat Palestina

Setelah pertumpahan darah terbaru di Gaza, Tel Aviv mengumumkan penyelamatan dua pemukim Israel dari Rafah, menandai keberhasilan pertama pengambilan tawanan yang ditahan oleh perlawanan Palestina dalam lebih dari empat bulan.

Israel mengatakan sekitar 130 tawanan masih berada di Gaza, meskipun temuan intelijen baru-baru ini menunjukkan 29 di antara mereka telah tewas akibat ledakan hebat yang dibuat Israel yang meratakan lebih dari separuh bangunan di wilayah tersebut.

Kampanye genosida Israel sejak 7 Oktober telah membuat sekitar 1,7 juta orang mengungsi – lebih dari 80 persen populasi Gaza – dengan hampir setengahnya berdesakan di Rafah, menjadikannya eksodus massal terbesar di Palestina sejak Nakba tahun 1948.

Baca juga: Benjamin Netanyahu Menganggap Jika Israel Tidak Menyerang Rafah Berarti Israel Telah Kalah Perang

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan pada hari Jumat bahwa operasi darat akan segera dilakukan di Rafah, yang terletak di perbatasan Mesir, dengan mengatakan bahwa perlu untuk menghancurkan sisa brigade Hamas yang ada di sana.

Khawatir Tel Aviv berencana memaksa warga Gaza yang terlantar ke Gurun Sinai, Mesir baru-baru ini mengerahkan puluhan tank tempur utama M60A3 Patton dan kendaraan tempur infanteri YPR-765 di dekat perbatasan Rafah.

Kairo juga memperingatkan bahwa mendorong warga Palestina ke Sinai akan “secara efektif menangguhkan” perjanjian perdamaian tahun 1979 antara kedua negara.

Menjelang serangan hari Senin di Rafah, Presiden AS Joe Biden berbicara melalui telepon dengan Netanyahu dalam panggilan pertama mereka sejak 19 Januari.

Baca juga: Kecam Pemboman Israel di Rafah, Senator Australia: Mengerikan dan Menghancurkan

Menurut pernyataan Gedung Putih mengenai seruan tersebut, Biden “menegaskan kembali pandangannya bahwa operasi militer di Rafah tidak boleh dilanjutkan tanpa rencana yang kredibel dan dapat dilaksanakan untuk memastikan keselamatan dan dukungan bagi lebih dari satu juta orang yang berlindung di sana.”

Setidaknya 28.000 warga Palestina telah dibunuh oleh tentara Israel sejak 7 Oktober, lebih dari setengahnya adalah perempuan dan anak-anak. Serangan terhadap kamp konsentrasi terbesar di dunia dipicu oleh pengiriman senjata secara teratur dan perlindungan politik dari Amerika Serikat.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat