androidvodic.com

Demi Gaza, Erdogan Injakkan Kaki di Mesir, Pertama Kali setelah Lebih dari 10 Tahun Putus Hubungan - News

News - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkunjung ke Ibu Kota Mesir, Kairo untuk pertama kali setelah lebih dari 10 tahun kedua negara tersebut putus hubungan.

Erdogan menginjakkan kaki di Kairo pada hari Rabu (14/2/2024), setelah belasan tahun hubungan Turki-Mesir merenggang.

Dalam kunjungan itu, Erdogan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi di istana Ittihadiya Kairo.

Dilansir Nova News, kedua pemimpin itu mengadakan pembicaraan bilateral di Kairo terkait gencatan senjata perang Israel-Hamas di Gaza.

Erdogan dan Presiden Mesir juga mendiskusikan tantangan regional, terutama upaya menghentikan perang di Gaza, khususnya gencatan senjata dan penyediaan bantuan kemanusiaan, kata el-Sisi pada konferensi pers bersama.

"Kami sepakat tentang perlunya gencatan senjata segera (di Gaza) dan perlunya mencapai ketenangan di Tepi Barat," papar el-Sisi, dikutip dari Al Jazeera.

Erdogan dan el-Sisi juga menyusun rencana untuk memulai negosiasi damai antara Israel-Palestina, "sampai tujuan akhir membentuk negara Palestina merdeka" tercapai.

Presiden Turki menegaskan Ankara bertekad untuk meningkatkan pembicaraan dengan Mesir di semua tingkatan untuk membangun perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"Kami akan terus bekerja sama dan berdiri dalam solidaritas dengan saudara-saudara kami di Mesir untuk mengakhiri pertumpahan darah di Gaza,” kata Erdogan.

Dikutip dari France24, Turki dan Mesir memutuskan hubungan pada tahun 2013 setelah el-Sisi, yang saat itu merupakan menteri pertahanan, menggulingkan Presiden Mohammed Morsi.

Morsi merupakan sekutu Ankara, juga merupakan bagian dari gerakan Ikhwanul Muslimin.

Hubungan kedua negara mencair mulai tahun 2021, ketika delegasi Turki mengunjungi Mesir untuk membahas normalisasi.

Baca juga: Mesir dan Turki Minta Israel Setop Serangan Brutal di Rafah, Erdogan: Ini Pembantaian

Lalu, pada November 2022, Erdogan dan el-Sisi berjabat tangan di Qatar, momen yang digembar-gemborkan oleh kepresidenan Mesir sebagai awal baru dalam hubungan mereka.

Perang di Gaza telah mencapai titik kritis, dengan serangan Israel yang akan terjadi di kota Rafah, di sepanjang perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat