androidvodic.com

Angkatan Bersenjata Yaman Terafiliasi Houthi Hujani Kapal Tanker Inggris Pollux Pakai Rudal - News

Angkatan Bersenjata Yaman Terafiliasi Houthi Hujani Kapal Tanker Inggris Pollux Pakai Rudal

News - Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) Brigadir Jenderal Yahya Saree mengumumkan dalam sebuah pernyataan singkat, Sabtu (17/2/2024) kalau pihaknya menyerang kapal tanker minyak Inggris “Pollux” di Laut Merah.

YAF yang terafiliasi gerakan Ansarallah (Houthi) Yaman juga mengklaim, kapal tanker Inggris tersebut terkena serangan langsung oleh sejumlah besar rudal angkatan laut yang mereka luncurkan.

Baca juga: AS Lancarkan Serangan Siber ke Kapal Perang Iran di Laut Merah, Cegah Oper Data Intelijen ke Houthi

Brigadir Jenderal Saree juga menegaskan kalau serangan tersebut adalah untuk mendukung rakyat Palestina dan dalam lingkup respons terhadap agresi Amerika Serikat dan Inggris di Yaman.

Lebih lanjut ia menekankan, YAF akan terus menghentikan segala bentuk navigasi menuju pelabuhan-pelabuhan Israel di Laut Merah dan Laut Arab sampai agresi Israel berhenti dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di Gaza dicabut.

Saree menegaskan, Angkatan Bersenjata Yaman tidak akan ragu melaksanakan dan memperluas operasi militernya untuk membela Yaman dan menegakkan solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Foto yang dirilis Pasukan Perancis memperlihatkan api berkobar membakar kapal tanker minyak Inggris, Marlin Luanda, usai dirudal Houthi Yaman di Teluk Aden, Jumat (26/1/2024).
Foto yang dirilis Pasukan Perancis memperlihatkan api berkobar membakar kapal tanker minyak Inggris, Marlin Luanda, usai dirudal Houthi Yaman di Teluk Aden, Jumat (26/1/2024). (Dok. Pasukan Perancis)

Kapal Inggris 'Lycavitos' Juga Kena Hajar

Yaya Saree juga mengumumkan dalam pernyataan singkatnya dua hari lalu kalau kapal Inggris “LYCAVITOS” menjadi sasaran serangan pihaknya saat berlayar di Teluk Aden.

"Kapal tersebut langsung terkena rudal angkatan laut yang sesuai," klaimnya.

Pemimpin Yaman Sayyed Abdul-Malik al-Houthi mengatakan beberapa jam sebelum pengumuman Saree tersebut kalau “kekuatan jahat” memanfaatkan kemampuan dan metode pembunuhan terbaru mereka, dan mentransfernya ke Tentara Israel untuk membunuh warga Palestina di Gaza.

Sanaa telah berulang kali menegaskan kalau jalur perairan dan navigasi di Laut Arab, Laut Merah, dan Bab al-Mandab dijamin aman untuk semua kapal, kecuali kapal Israel dan mereka yang menuju ke pelabuhan pendudukan sampai agresi terhadap Gaza berhenti.

Baru-baru ini serangan Houthi tersebut juga mencakup kapal-kapal AS dan Inggris akibat agresi AS-Inggris terhadap Yaman.

Baca juga: Houthi Yaman Ungkap Aksi Uni Emirat Arab Sabotase Blokade Laut Merah: Tembak Sembarang Kapal

(oln/almydn/*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat