androidvodic.com

Peringatan Yaman saat Kapal Perang Uni Eropa Berangkat ke Laut Merah, Jangan Bermain Api! - News

Peringatan Yaman saat Kapal Perang Uni Eropa Berangkat ke Laut Merah, Jangan Bermain Api!

News- Seorang pejabat tinggi Yaman telah memperingatkan UE agar tidak “mendukung kejahatan Amerika untuk melindungi [Israel]” setelah peluncuran resmi misi angkatan laut Aspides di Laut Merah.

“Bagi orang Eropa, jangan bermain api. Ambil pelajaran dari Inggris,” kata Mohammed Ali al-Houthi, anggota senior Dewan Politik Tertinggi Yaman, melalui media sosial pada 20 Februari.

“Anda tidak memerlukan dukungan setan Amerika dalam melindungi entitas pendudukan sehingga dapat memusnahkan rakyat Gaza tanpa gangguan,” tambah Houthi, menekankan bahwa “navigasi internasional aman.”

Pesannya menyusul pengumuman Brussel tentang peluncuran resmi operasi angkatan laut UE dengan nama sandi Aspides – bahasa Yunani yang berarti perisai.

“Saya menyambut baik keputusan hari ini… Eropa akan menjamin kebebasan navigasi di Laut Merah, bekerja sama dengan mitra internasional kami. Selain respons terhadap krisis, ini merupakan langkah menuju kehadiran Eropa yang lebih kuat di laut untuk melindungi kepentingan Eropa,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen melalui media sosial.

Prancis, Jerman, Italia, dan Belgia mengatakan mereka akan menyumbangkan kapal ke misi UE untuk mendukung Israel.

Diplomat utama UE, Josep Borrell, menggambarkan misi tersebut sebagai “tindakan berani untuk melindungi kepentingan komersial dan keamanan UE dan komunitas internasional.”

Dengan mandat yang awalnya ditetapkan selama satu tahun, Aspides akan mengerahkan kapal perang UE dan sistem peringatan dini lintas udara ke Laut Merah, Teluk Aden, dan perairan sekitarnya. Menurut para pejabat di Brussel, misi tersebut hanya bersifat defensif, dan pasukannya tidak akan mengambil bagian dalam serangan pimpinan AS terhadap Yaman.

Aspides berkumpul setelah beberapa anggota NATO terbukti ragu-ragu atau langsung menolak untuk bergabung dengan Operation Prosperity Guardian (OPG) yang gagal.

Di bawah payung OPG, dan sebagai respons terhadap kampanye maritim pro-Palestina yang dilancarkan Yaman akhir tahun lalu, AS dan Inggris telah mengebom Yaman ratusan kali sejak 12 Januari, yang merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan negara dan hukum internasional.

Menurut Wakil Laksamana AS Brad Cooper, konflik Washington melawan Yaman di Laut Merah adalah salah satu pertempuran terbesar yang dilakukan angkatan laut AS sejak akhir Perang Dunia II.

“Saya pikir Anda harus kembali ke Perang Dunia II di mana Anda memiliki kapal-kapal yang terlibat dalam pertempuran,” kata Cooper kepada 60 Minutes CBS News dalam sebuah wawancara yang disiarkan Minggu. “Saat saya bilang terlibat dalam pertempuran, di mana mereka tertembak, kita tertembak, dan kita balas menembak,” lanjutnya.

Cooper, wakil komandan Komando Pusat AS (CENTCOM), mengungkapkan Pentagon telah mengirimkan sekitar 7.000 pelaut ke Laut Merah. CBS melaporkan bahwa angkatan laut AS menembakkan sekitar 100 rudal permukaan-ke-udara standar terhadap rudal dan drone Yaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat