androidvodic.com

Upaya Parlemen Inggris untuk Pemungutan Suara Terkait Gencatan Senjata di Gaza Berujung Ricuh - News

Upaya Parlemen Inggris untuk Pemungutan Suara Terkait Gencatan Senjata di Gaza Berujung Ricuh

News- Upaya anggota parlemen Inggris untuk melakukan pemungutan suara mengenai gencatan senjata di Gaza berujung pada kericuhan.

Anggota parlemen Inggris pada hari Rabu menyerukan gencatan senjata dalam perang Israel-Hamas – tetapi hal itu terjadi setelah puluhan orang keluar dari House of Commons sebagai protes atas cara pemungutan suara tersebut ditangani.

Anggota parlemen telah memperdebatkan tiga resolusi terpisah terkait perang tersebut. Semuanya bersifat simbolis dan tidak mengikat pemerintah.

Namun Parlemen mengalami kekacauan ketika para legislator dari Partai Konservatif yang berkuasa dan partai oposisi menuduh Ketua DPR Lindsay Hoyle melanggar prosedur parlemen.

Kekacauan ini terjadi saat perdebatan mengenai mosi dari Partai Nasional Skotlandia (SNP) yang merupakan oposisi, yang mendesak gencatan senjata segera, pembebasan semua sandera Israel yang ditahan oleh Hamas dan diakhirinya hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina.

Baca juga: Terjadi Kekacauan Ketika Parlemen Inggris Melakukan Pemungutan Suara untuk Gencatan Senjata di Gaza

Oposisi utama Partai Buruh, yang terpecah mengenai seberapa keras mereka mengkritik Israel, mengajukan versi perubahan dari mosi yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera, tanpa menyebutkan hukuman kolektif.

Partai Konservatif yang berkuasa mengajukan amandemen mereka sendiri, yang mendukung “jeda kemanusiaan segera”, diikuti dengan “langkah menuju gencatan senjata permanen dan berkelanjutan”.

Pemerintah mengatakan gencatan senjata hanya bisa terjadi jika Hamas membebaskan semua sandera Israel dan melepaskan kendali atas Gaza.

Ketika Hoyle mengizinkan pemungutan suara pada ketiganya, anggota parlemen Konservatif sangat marah dan mengatakan bahwa hal itu bertentangan dengan konvensi House of Commons. Beberapa orang menuduh Hoyle – yang terpilih sebagai anggota parlemen dari Partai Buruh sebelum mengambil posisi netral sebagai ketua parlemen – mendukung oposisi.

Kekacauan politik ini merupakan tanda bagaimana konflik tersebut telah memecah politisi dan masyarakat Inggris, sehingga meningkatkan ketegangan.

“Keputusannya telah meningkatkan suhu di DPR mengenai isu yang sudah memuncak,” kata Penny Mordaunt, pemimpin Partai Konservatif di House of Commons.

SNP, sementara itu, menuduh Partai Buruh membajak mosi mereka, dan mengatakan Hoyle telah memungkinkan mereka untuk melakukannya.

Banyak anggota Partai Konservatif dan SNP yang keluar, dan jika mereka tidak hadir, seruan gencatan senjata versi Partai Buruh disahkan melalui pemungutan suara – dengan seruan “Aye” – tanpa pemungutan suara formal penuh.

Setelah itu, Hoyle meminta maaf atas kekacauan tersebut.

“Saya menyesali bagaimana hal itu berakhir,” kata Hoyle. “Saya ingin semua pihak memastikan bahwa mereka dapat mengekspresikan pandangan mereka dan semua anggota DPR dapat memberikan suara.”

(Sumber: AP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat