androidvodic.com

AS & Negara-negara Arab Siapkan Negara Palestina, Upayakan Israel Damai, Itamar Ben Gvir Mengamuk - News

AS & Negara-negara Arab Siapkan Negara Palestina, Upayakan Israel Damai, Ben Gvir Kebakaran Jenggot

News- Amerika Serikat dan negara-negara Arab menyiapkan garis waktu (linimasa) untuk negara Palestina yang akan diumumkan dalam beberapa minggu laporan dari Washington Post.

Pemerintah AS dan beberapa mitra Arab bergegas menyelesaikan rencana rinci dan komprehensif untuk perdamaian jangka panjang antara Israel dan Palestina.

Termasuk batas waktu yang pasti untuk pembentukan negara Palestina, yang akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan, Washington Post dilaporkan.

Urgensi upaya ini terkait langsung dengan usulan penghentian pertempuran dan pembebasan tawanan di Gaza yang sedang dinegosiasikan oleh Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir.

Gencatan senjata awal, yang diperkirakan akan berlangsung setidaknya enam minggu, akan memberikan waktu untuk mempublikasikan rencana tersebut, merekrut dukungan tambahan, dan mengambil langkah awal menuju penerapannya, termasuk pembentukan pemerintahan sementara Palestina, kata Post yang mengutip AS dan pejabat negar-negara Arab.

Rencana tersebut mencakup penarikan sebagian besar, jika tidak seluruhnya, komunitas pemukim di Tepi Barat; ibu kota Palestina di Yerusalem Timur; rekonstruksi Gaza; dan pengaturan keamanan dan pemerintahan untuk gabungan Tepi Barat dan Gaza, menurut para pejabat.

Baca juga: Gaza akan Dibelah Jadi Dua, Israel Bangun Sabuk Militer, Koridor Netzarim Membagi Gaza Menjadi Dua

Harapannya adalah bahwa Israel juga akan ditawari jaminan keamanan khusus dan normalisasi dengan Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya yang sulit ditolak, kata Post.

Para perencana berharap kesepakatan dapat dicapai sebelum awal Ramadhan.

Para pejabat AS mengatakan bahwa pilihan tindakan yang dipertimbangkan mencakup pengakuan awal AS atas negara Palestina – bahkan ketika elemen reformasi politik, jaminan keamanan bagi Israel dan Palestina, normalisasi, dan rekonstruksi sedang dilaksanakan.

Negara-negara yang terlibat berharap untuk mendiskusikan rencana mereka dengan para pemimpin dari Eropa dan sekitarnya pada Konferensi Keamanan tahunan Munich yang dimulai pada hari Jumat.


Pemerintahan Gaza pascaperang

Para pejabat Arab bersikeras bahwa mereka optimistis bisa menyatukan kelompok-kelompok Palestina untuk membentuk pemerintahan teknokrat, bukan politisi, yang akan fokus pada revitalisasi perekonomian Palestina, meningkatkan kepemilikan atas keamanan, dan membangun kembali Gaza, yang diikuti dengan pemilihan umum.

Abbas pada prinsipnya telah menyetujuinya, kata beberapa pejabat Arab, dan mungkin dapat mempertahankan posisinya sebagai kepala negara, kata Post.

Peserta dalam perundingan tersebut mengajukan kandidat favorit mereka untuk menduduki jabatan penting lainnya di pemerintahan dan memperdebatkan apakah kepemimpinan politik Hamas akan memiliki peran di Gaza pascaperang.

Seorang pejabat Arab mengatakan sayap politik Hamas harus diikutsertakan dalam perundingan, atau bahkan dalam pemerintahan di masa depan. “Kami membutuhkan seseorang yang mewakili mereka untuk memastikan mereka setuju dengan hal ini,” kata pejabat itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat