androidvodic.com

Gaza akan Dibelah Jadi Dua, Israel Bangun 'Sabuk Militer', Koridor Netzarim Membagi Gaza Menjadi Dua - News

Israel Bangun 'Sabuk Militer', Gaza Dibelah Dua, Selesaikan Koridor Timur-Barat yang Dibentengi

News- Israel membangun ‘sabuk militer’ di Gaza untuk pengendalian keamanan jangka panjang.

Tel Aviv sedang melakukan penyelesaian akhir pada jalan sepanjang 8 km yang secara efektif akan membelah Jalur Gaza menjadi dua dan memperkuat kendali Israel di wilayah utara.

Tentara Israel bergegas menyelesaikan koridor timur-barat yang dibentengi di selatan Kota Gaza untuk membagi jalur tersebut menjadi dua.

Tujuannya adalah untuk menghalangi pengungsi Palestina untuk mencapai Gaza utara dan memperkuat pendudukan militer Tel Aviv menjelang rencana invasi darat ke Rafah di selatan.

Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) mengatakan jalan yang membelah Gaza – yang disebut “Koridor Netzarim”.

Itu adalah bagian dari “rencana Tel Aviv untuk mempertahankan kontrol atas wilayah kantong tersebut untuk beberapa waktu.”

Baca juga: Upaya Parlemen Inggris untuk Pemungutan Suara Terkait Gencatan Senjata di Gaza Berujung Ricuh

Pasukan penyerang telah merobohkan dan menghancurkan banyak rumah dan bangunan untuk membuka jalan bagi zona penyangga sepanjang satu kilometer di utara dan selatan koridor, termasuk Rumah Sakit Turki, kampus Universitas Al-Aqsa, dan seluruh desa Mughraqa dan Juhor al- Dik di Jalur Gaza bagian timur.

Koridor ini juga akan melintasi bekas pemukiman Netzarim, yang dievakuasi pada tahun 2005 sebagai bagian dari keluarnya mantan Perdana Menteri Ariel Sharon dari Gaza.

Para pejabat ingin pekerjaan di koridor tersebut selesai sebelum bulan suci Ramadhan diperkirakan dimulai pada awal Maret bertepatan dengan invasi ke Rafah.

Rafah adalah lokasi sebidang tanah kecil di dekat perbatasan Mesir di mana lebih dari satu juta pengungsi Palestina berkumpul di sana, itu adalah kota tenda yang sangat luas.

“Rute timur-barat dimaksudkan untuk digunakan dan dipatroli sampai operasi militer Israel di Gaza selesai, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun,” kata para pejabat Israel kepada WSJ.

“Saya akan menyebutnya jangka panjang dan sementara – tentu saja sepanjang tahun 2024,” kata Miri Eisin, seorang pensiunan kolonel di tentara Israel, kepada outlet berita AS.

Pada bulan Januari lalu, pengamat menyoroti bahwa membagi Gaza menjadi dua adalah bagian utama dari apa yang digambarkan sebagai “fase ketiga” kampanye genosida Israel terhadap warga Palestina.

Baca juga: Foto-foto Orang Yahudi di Inggris Demo Menentang Israel, Bela Palestina, Teriak: One Two Three Four!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat